Waspada! 5 Dampak Buruk Kesehatan Akibat Makan Terburu-buru

Foto: Ilustrasi makan

Mitrapost.com – Setiap orang punya acara makan yang berbeda-beda. Ada yang makan dengan sangat pelan begutu juga ada yang makan dengan cepat.

Menurut pakar kesehatan, cara makan yang baik adalah dengan mengunyahnya secara perlahan. Mengunyah mejadi salah satu mekanisme proses pencernaan yang bisa membantu makanan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Baca juga: Tips Memotong Bawang Agar Peroleh Manfaat yang Maksimal

Memiliki kebiasaan mengunyah makanan dengan cepat ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan loh. Berikut ini 5 dampak makan terlalu cepat bagi tubuhmu, Mengutip detikHealth Jumat (4/9/2020).

  1. Obesitas

Menurut penelitian orang yang memiliki kebiasaan makan cepat cenderung berisiko kelebihan berat badan. Hal ini terjadi karena makan dengan cepat dapat mengganggu hormone yang mengatur sinyal nafsu makan dan sinyal tubuh merasa kenyang. Oleh karenanya orang yang makan dengan cepat cenderung makan dengan porsi besar.

Baca Juga :   Hukum Berkumur dan Istinsyaq Serta Sikat Gigi Saat Puasa

Baca juga: Perlu Diketahui, Inilah Manfaat Kayu Manis

  1. Diabetes

Makan dengan cepat juga berisiko terserang diabetes. Hal ini terjadi karena obesitas karena makan dengan cepat dapat memicu resistensi insulin. Akibatnya kerja insulin tidak efektif dan mengakibatkan risiko diabetes tipe 2.

  1. Sindrom metabolik

Resistensi insulin berhubungan dengan sindrom metabolik, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kolesterol, dan stroke. Sebuah studi yang melibatkan hampir 9.000 orang dengan usia 40 ke atas, mengatakan bahwa seseorang yang makan cepat lebih berisiko terkena kolesterol dan memiliki lingkar pinggang besar dibandingkan mereka makan lebih lambat.

Baca juga: Petik Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

  1. Gastritis

Gastritis merupakan peradangan pada dinding lambung yang menggerogoti lapisan perut. Mereka yang makan cepat cenderung makan berlebihan dan menyebabkan makanan lebih lama berada di dalam perut, sehingga lapisan perut terkena asam lambung.

  1. Tersedak
Baca Juga :   Cara Alami Putihkan Ketiak Menghitam

Seseorang yang makan cepat lebih banyak menelan langsung makanan daripada mengunyahnya. Kondisi ini akan mengakibatkan makanan mudah tersedak di tenggorokan.

Sudah tahu kan akibatnya jika kamu makan dengan terburu-buru. Makan dengan perlahan membuat kamu lebih bisa menikmati cita rasa makana yang masuk ke mulutmu. Selain itu kamu juga lebih bisa mengontrol jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Cara makan ini sangat dianjurkan bagi kalian yang menjalani program diet.

Baca juga:

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Baca Juga :   Tambah Berat Badan, Konsumsi Makanan Sehat Berikut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati