Kacang Merah Kaya Serat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Baca juga: Perlu Diketahui, Inilah Manfaat Kayu Manis

Kacang ini juga mengandung pati resisten, jenis pati yang memiliki efek mirip dengan serat. Pati resisten tidak dicerna sebagian atau tidak dicerna sempurna oleh tubuh. Jenis pati ini juga berpotensi untuk bantu kendalikan berat badan, layaknya manfaat yang diberikan serat.

  1. Kandungan protein

Kacang merah merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik. Jenis protein yang paling banyak diteliti adalah faseolin, tipe yang berisiko memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Selain faseolin, kacang merah juga mengandung jenis protein lain seperti lektin dan penghambat protease.

Baca juga: Cengkeh, Jenis Rempah yang Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

  1. Kandungan vitamin dan mineral
Baca Juga :   Manfaat Mengonsumsi Kacang Rebus, Sumber Vitamin E dan B

Sebagai produk nabati, kandungan kacang merah lainnya yakni vitamin dan mineral. Seperti Molibdenum, zat besi, tembaga, mangan, kalium atau potassium, vitamin K1, folat atau vitamin B

  1. Kandungan senyawa tumbuhan dalam kacang merah

Kacang merah juga mengandung beberapa senyawa khas tumbuhan. Beberapa kandungan kacang merah yang tergolong sebagai senyawa tumbuhan, yaitu isoflavon yang juga dikategorikan sebagai fitoestrogen. Pasalnya, isoflavon memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen. Selain itu juga ada Antosianin, kelompok antioksidan  yang memberikan warna khas kacang merah, terutama jenis pelargonidin.