Hati-hati Ancaman Penyakit Kronis Akibat Kurang Tidur

5. Gangguan sistem saraf pusat

Tidur diperlukan agar sistem saraf pusat tetap berfungsi dengan baik, tetapi insomnia kronis dapat mengganggu cara tubuh mengirim dan memproses informasi.

Menurut laman Healthline, selama tidur, jalur terbentuk di antara neuron di otak yang membantu kamu mengingat informasi baru yang telah dipelajari. Kurang tidur membuat otak kelelahan sehingga tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Hingga Kecantikan

Kurang tidur juga berdampak negatif pada kemampuan mental dan kondisi emosional. Itu sebabnya, kamu mungkin merasa lebih tidak sabar atau cenderung mengalami perubahan suasana hati yang mana juga dapat membahayakan proses pengambilan keputusan dan kreativitas.

Baca Juga :   Hati-hati! Makanan Ini Bisa Memicu Keracunan

Jika kurang tidur berlanjut cukup lama, kamu juga bisa mengalami halusinasi. Risiko psikologis lain yang mungkin terjadi, yaitu perilaku impulsif, kegelisahan, depresi paranoia, pikiran untuk bunuh diri, dan mungkin juga mengalami tidur mikro di siang hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati