oleh

Kasus Terjangkit Covid-19 Kian Meningkat, Waspadai 5 Tempat Ini

Mitrapost.com – Kian hari, kian terjadi peningkatan kasus terjangkitnya virus Corona. Meski saat ini pemerintah telah memperbolehkan untuk melakukan aktifitas di luar rumah, kita harus tetap mawas diri untuk menghindari penyebaran covid-19.

Oleh karenanya, kamu patut memerhatikan kondisi dibeberapa tempat berikut ini.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Bagi Kaum Milenial di Era Pandemi

  1. Area lift

Area lift yang sempit dan minim sirkulasi udara menjadi lokasi yang patut diwaspadai. Selain sulit untuk jaga jarak, tombol lift yang sudah disentuh oleh puluhan hingga ratusan orang pun berpotensi menjadi tempat transit virus dan bakteri.

Jangan gunakan jarimu untuk menekan tombol lift ya. Kalau pun terpaksa harus menggunakan jari atau bagian tangan lainnya, pastikan kamu cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh apa pun.

Baca juga: Istri Menteri Agama Bagi Tips Kuatkan Keluarga di Tengah Pandemi

  1. Pantry dan kantin kantor

Pantry dan kantin di kantor sama halnya dengan lift. Lokasi ini dikunjungi oleh banyak orang dan benda-benda di dalamnya pun silih berganti digunakan oleh orang-orang. Contohnya seperti mesin kopi, dispenser, hingga tempat-tempat penyimpanan makanan. Selain itu, orang-orang akan melepas maskernya ketika makan dan minum.

Untuk mengurangi risiko penularan, kamu perlu makan di meja masing-masing, menggunakan alat makan sendiri, serta cuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Baca juga: Tips Kelola Keuangan Secara Ideal Ketika Single

  1. Rumah

Saat kita keluar rumah memungkinkan virus ikut terbawa pulang. Makanya, selain menjaga diri selama di luar rumah, IDN Times menyarankan untuk rutin membersihkan area rumahmu dengan cairan pembersih yang mengandung sodium hypochlorite minimal 0,1%. Sebab, senyawa ini telah direkomendasikan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) karena mampu membunuh virus corona dengan efektif.

  1. Halte dan stasiun

Halte dan stasiun sering dipadati oleh puluhan hingga ratusan orang membuatnya menjadi lokasi ideal untuk penyebaran virus. Apalagi terkadang protokol kesehatan tak bisa diterapkan 100% di transportasi umum. Orang-orang tetap berdesak-desakan, pembatasan jarak tak diindahkan, dan satu yang paling mengkhawatirkan: masih ada orang yang membuka maskernya ketika bersin.

Baca juga: Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas

  1. Mesin absensi

Mesin absensi menjadi salah satu risiko penularan virus corona yang patut diwaspadai. Sama halnya dengan tombol lift, mesin absensi sidik jari juga digunakan oleh orang banyak, sehingga mudah sekali untuk menjadi media penularan baru.

Itulah 5 tempat yang harus kamu wapadai. Ingat tetap jaga kesehatan dan kebersihan, jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed