oleh

Cara Mudah Menjaga Imun Tubuh Tetap Prima di Tengah Pandemi

Mitrapost.com – Kasus baru terjangkit virus Corona kian meningkat hingga saat ini. Makin banyak orang di sekeliling kita yang terinfeksi.

Selain menjaga kebersihan, menjaga imunitas tubuh sangat penting kita lakukan agar terhindar dari infeksi virus ini. Ada hal-hal sederhana dan mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat.

Baca juga: Tips Kelola Keuangan Secara Ideal Ketika Single

  1. Berjemur

Vitamin D yang dihasilan dari sinar ultraviolet-B matahari dipercaya membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Meskipun Vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan, cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin tersebut adalah dengan mendapatkan sinar matahari langsung atau mengonsumsi suplemen jika mengalami kekurangan.

Baca juga: Video: JANGAN SAMPAI KETIPU‼ 5 Tips Sebelum Beli Laptop Bekas

  1. Tidur cukup

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh signifikan. Ternyata, partisipan yang tidur kurang dari lima jam memiliki kemungkinan empat setengah kali lebih besar terkena flu dibandingkan mereka yang rutin tidur tujuh jam semalam.

  1. Cukup minum air 

Menurut penelitian, tubuh yang terhidrasi dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh karena air membantu melarutkan racun keluar. Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih dengan cukup minimal 2 liter per hari.

Baca juga: Tips Bersihkan Masker Kain untuk Mencegah Terjangkit Corona

  1. Perbanyak makan buah dan sayuran

Salah satu kebiasaan baik untuk meningkatkan kekebalan adalah menerapkan pola makan nabati yang sehat. Pastikan kamu mengonsumsi vitamin antioksidan yang paling meningkatkan kekebalan tubuh seperti A, B6, C, E, selenium, zat besi, asam folat, dan seng.

Salah satu yang terbaik adalah kubis ungu karena diketahui memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Mengonsunsi lebih banyak polong-polongan juga bisa meningkarkan asupan serat yang dapat meningkatkan bioma usus.

  1. Rajin mencuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik adalah cara terbaik untuk membunuh kuman. Kebiasaan baik lainnya adalab dengan menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh barang-barang. Sebab, kita banyak menyentuh permukaan dan kuman dari permukaan tersebut bisa berpindah ke dalam tubuh kita, ketika kita menyentuh mata, mulut dan hidung.

Baca juga: Tips Memilih Hewan Kurban dari Dinpertan Kudus

  1. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga baik untuk jantung, paru-paru, otak, dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Hal ini sudah banyak dibuktikan dalam penelitian. Secara umum, tubuh yang lebih sehat dipersiapkan untuk tubuh yang lebih sehat dan lebih siap untuk menangkis penyakit dan infeksi, terutama infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek dan flu.

  1. Lakukan vaksin flu

Jika memungkinkan, lakukan vaksin flu. Penelitian menunjukkan bahwa vaksinasi flu tidak hanya dapat melindungi kita dari flu musiman, tetapi akan mengurangi keparahan gejala jika masih sakit.

Suntikan flu memicu sistem kekebalan kita untuk menghasilkan antibodi terhadap jenis flu tertentu. Biasanya dibutuhkan waktu dua minggu untuk membangun kekebalan tubuh terhadap virus flu setelah divaksinasi, dan perlindungan berlangsung selama beberapa bulan sebelum mereda.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed