oleh

Membawa Angin Segar, Lapan Bakal Bantu Garap Pesawat Warisan BJ Habibie

Mitrapost.com – PT RAI dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) membawa angin segar bagi proyek pesawat R80. Pasalnya, diketahui Lapan resmi bergabung menggarap warisan almarhum BJ Habibie ini.

Mengutip laman DetikINET, Senin (22/9/2020), Humas PT Regio Aviasi Industri (RAI) Justin Gogo mengatakan PT RAI dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) secara resmi menandatangani kesepakatan kerjasama sejak 7 September 2020. Dalam momen itu hadir Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin dan Direktur Utama PT RAI, Agung Nugroho dan Komisaris Utama PT RAI, Ilham Akbar Habibie.

Baca juga: Mozilla Tutup Layanan Firefox Send dan Firefox Note, Fokus Garap Mozilla VPN

“Kerjasama dengan Lapan akan dimulai dengan keterlibatan Lapan dalam proses pengembangan rancang bangun pesawat terbang R80, sesuai dengan kemampuan yang ada di Lapan sebagai pusat riset dirgantara nasional,” kata Justin dalam pernyataannya, Selasa (22/9/2020).

Nantinya, Lapan akan mendukung komputasi dinamika fluida, simulasi stabilitas dan pengendalian pesawat terbang, perhitungan prestasi terbang dan pada saatnya, pengujian pesawat terbang yang terkait dengan sertifikasi pesawat, seperti bird impact test dll.

Baca juga: Resmi Diblokir Pemerintah AS, WeChat Berganti Nama WeCom

PT RAI berharap kerja sama ini bisa menjawab keraguan masyarakat Indonesia mengenai masa depan Industri dirgantara setelah dihapusnya R80 sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) dan dimuseumkannya pesawat N250.

Setelah keluar dari PSN, PT RAI saat ini sedang berupaya mendapatkan dukungan dari pemerintah dalam bentuk dimasukkannya program  pesawat R80 dalam daftar Prioritas Riset dan Inovasi Nasional di bawah Kemenristek/BRIN.

Karena COVID-19, full scale development mundur ke akhir 2021. Produksi prototipe tahun 2023, rencana terbang perdana 2025, sertifikasi direncanakan 2028.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait