oleh

Selain Pengundian Nomer, KPU Perlu Agendakan Deklarasi

Rembang, Mitrapost.com – Selain pengambilan nomer urut pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Desember mendatang, KPU juga adakan Deklarasi.

“Deklarasi ini sebenarnya acara terpisah dengan rapat pleno.” jelas Ketua KPU Rembang Ikbal Ika Fahmi saat ditemui di gedung Rapat Paripurna DPRD Rembang, Kamis (24/9/2020).

Lebih lanjut, Ketua KPU Rembang menjelaskan bahwa deklarasi disaksikan oleh beberapa pihak. Mulai dari Kapolres, Dandim, Kejari,  Ketua Pengadilan serta Gugus Tugas.

Baca juga : Berkas Bapaslon Pilkada, KPU Wanti-Wanti Soal Kampanye

Dalam deklarasi yang dilakukan oleh kedua calon ini membahas terkait rambu-rambu dalam menjalankan tahapan selanjutnya. Salah satunya berupa kampanye yang mematuhi protokol kesehatan.

“Intinya kita menekankan pada pematuhan protokol kesehatan. Dengan rambu-rambu jelas, memakai masker, cuci tangan, jaga jarak serta menjaga kerumunan,” jelasnya.

Hal ini berdasarkan Perubahan PKPU yang terbaru. Dimana salah satu poinnya menyebutkan melarang adanya kegiatan untuk publik.  “Rapat umum, konser musik itu dilarang.” imbuhnya.

Sedangkan dalam penegakkannya, melibatkan dua pihak, antara Bawaslu dan Polri.

Untuk selanjutnya, akan ada debat kandidat calon namun waktu pelaksanaannya belum ditentukan.  “Ada debat publik. Baru dan masih dikonsep, bagaimana dan kapannya,” pungkasnya. (*)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa

Komentar

Berita Terkait