BMKG Siapkan Sistem Peringatan Dini Prediksi Tsunami 20 Meter

Simulasi tersebut adalah agenda dua tahunan negara-negara di sekitar Samudra Hindia.

“Di seluruh daerah nanti tanggal 6 Oktober akan ada simulasi. Tapi itu tidak ada kaitannya dengan ancaman tsunami 20 meter. Itu sudah disiapkan jauh, lama, karena ini agenda dua tahun sekali,” kata Rahmat.

Dalam simulasi tersebut nantinya akan dicoba mengenai antisipasi bencana gempa bumi megathrust dan tsunami 20 meter serta dilakukan mulai pukul 10.00 WIB. Dengan adanya simulasi, diharapkan akan menguji sistem kebencanaan, action plan dan respons serta SOP yang harus dilakukan saat ada bencana besar.

Nantinya juga akan dilakukan evaluasi dalam simulasi agar terjadi kesinambungan antara BMKG Pusat, BMKG daerah, BNPB, BPBD juga sampai ke kepala daerah yang terdampak bencana.

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Selasa 10 Agustus 2021

“Jadi nanti pusdalops di daerah bisa tahu apa yang harus dilakukan ketika statusnya awas, statusnya waspada. Karena ini hanya 20 menit tsunami sampai ke daratan. Apa yang harus dilakukan, Pusdalops harus tentukan action plan, apakah minta kepala daerah lakukan evakuasi segera atau tidak. Jangan sampai nanti malah kebingungan harus lakukan apa,” pungkasnya. (FT)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati