Menakjubkan, Bulan Purnama Dua Kali dalam Sebulan. Ini Sebabnya

Mitrapost.com – Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Oktober 2020 terjadi suatu fenomena yang menakjubkan. Jangan kaget jika Anda menyaksikan dua fenomena bulan purnama dalam sebulan.

Sejak Kamis (1/10/2020) malam, bulan sudah tampak berukuran penuh. Puncak bulan dalam fase purnama penuh pertama terjadi pada Jumat (2/10/2020) dini hari tadi pukul 04.07 WIB.

Baca juga: Sebagian Wilayah Jateng Diprediksi Terdampak Fenomena La Nina

Berdasarkan keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), pada puncak bulan purnama dini hari tadi jarak geografisnya adalah 405.146 kilometer dan diameter sudut 29,5 menit busur. Purnama kali ini dinamakan dengan purnama mikro karena jaraknya cukup berdekatan dengan titik apogee yang akan terjadi pada 4 Oktober nanti.

Baca Juga :   Fenomena langit yang akan terjadi di 2021

Bulan purnama dapat diamati pada arah Timur hingga Barat dan terletak di konstelasi Cetus. Sementara itu, berdasarkan perhitungan periode bulan purnama kedua akan terjadi pada Sabtu (31/10/2020) pukul 21.51 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati