oleh

Dewan Pati Berharap Perekrutan Perangkat Desa Berjalan Transparan

Pati, Mitrapost.com Anggota DPRD Kabupaten Pati berharap perekrutan staf perangkat desa pada periode yang akan datang dilaksanakan secara terbuka dan transparan.

Hal tersebut disampaikan oleh Warsiti, anggota DPRD Kabupaten Pati fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) saat menyampaikan pandangan umum fraksi dalam rapat paripurna pada Rabu lalu.

Menurutya, perekrutan secara transparan dan terbuka dapat menghindari praktik-praktik nepotisme dan kecurangan lainnya.

“Masukan ini diberikan agar pemilihan staf perangkat desa dilakukan secara terbuka dan transparan sesuai dengan aturan yang sudah ada guna menghindari terjadinya praktek kolusi maupun nepotisme,” terangnya.

Baca juga: Begini Cara Menjadi Perangkat Desa Berdasarkan Perbub Nomor 45 Tahun 2020

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto segala peraturan tentang perekrutan perangkat desa telah diatur dalam Peraturan Bupati nomor 45 tahun 2020.

“Bahwa pemerintahan Kabupaten Pati sudah merancang pengisian perangkat desa yang transparan, murah, dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Bupati Haryanto menjawab pandangan umum dewan.

Sistem transparan dijelaskan bahwa proses penjaringan dan penyaringan bakal calon perangkat desa bekerjasama dengan pihak ketiga (perguruan tinggi terakreditasi/ lembaga assesment yang berkompeten) dalam melaksanakan ujian tertulis dengan metode CAT/LJK.

Dalam perbup tersebut selain transparan juga dijelaskan pengisian perangkat desa juga dilaksanakan dengan pembiayaan murah. Hal ini dimaksudkan bahwa panitia dilarang memungut biaya dari calon perangkat desa. Sebab pembiayaan dibebankan dari APB Desa dan bantuan keuangan APBD. (Adv/AR/UP/SHT).

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed