APINDO Minta Pemkab Pati Rangkul UMKM yang Belum Berizin

Pati, Mitrapost.com Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Pati meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati merangkul pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atau pelaku industri kecil menengah (IKM) yang belum memiliki izin.

Menurut Wakil Ketua Apindo Kabupaten Pati, Tofan Rudiyanto, persoalan UMKM saat ini adalah data jumlah IKM yang ada di Kabupaten Pati.

“Data ini minimal diketahui oleh pemerintah di tingkat desa hingga kecamatan. Meski sekarang dengan adanya bantuan, juga para pelaku usaha mulai berlomba untuk mengurus perizinan usaha mereka,” ujarnya, kemarin.

Memang penertiban perizinan usaha perlu dilakukan oleh pemerintah, terlebih untuk usaha yang memproduksi makanan, karena produk yang dihasilkan adalah bahan konsumsi.

Baca Juga :   Meski Rugikan Pengusaha, Apindo Pati Tetap Dukung PPKM

Tetapi untuk usaha yang sudah berkembang dan belum memiliki izin usaha, diharapkan jangan dimatikan tetapi dirangkul dan dibina.

“Bisa jadi mereka tidak mengurus izin karena tidak tahu, jadi tidak asal menghentikan usaha. Sebab ketika melakukan pemberhentian sebuah usaha, bisa akibatkan dampak seperti pekerja yang kehilangan mata pencarian dan lainnya,” ungkap Tofan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati