Waspada Bahaya Kanker Tiroid, Kenali 6 Penyebab dan Jenisnya

Mitrapost.com – Kanker tiroid merupakan perkembangan tidak normal sel-sel di kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid berada beberapa bagian tubuh, seperti di leher bagian depan, sedikit di bawah laring atau jakun.

Sama bahayanya seperti kanker lainnya, kanker tiroid juga patut diwaspadai. Penyakit ini biasa ditandai dengan munculnya benjolan tanpa rasa sakit atau bengkak di bagian depan leher.

Baca juga: Khasiat Kumis Kucing, Mampu Atasi Asam Urat Hingga Diabetes

Pada adasarnya, kanker tiroid terjadi ketika ada perubahan pada DNA di dalam sel tiroid yang menyebabkannya tumbuh tidak terkendali. Sel-sel tiroid abnormal yang terakumulasi kemudian membentuk tumor atau menghasikan benjolan.

Sayangnya, sel abnormal juga dapat menyerang jaringan di dekatnya dan menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lainnya. Biasanya tidak jelas apa yang menyebabkan perubahan tersebut, tetapi ada beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalaminya.

Baca Juga :   Hasil Swab 156 dari 102 Santri Ponpes Al-Mutawally Positif Covid-19

Berikut beberapa faktor risiko penyebab kanker tiroid yang perlu diantisipasi, Mitrapost.com rangkum dari Kompas.com, Sabtu (31/20/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati