Khasiat Kumis Kucing, Mampu Atasi Asam Urat Hingga Diabetes

Mitrapost.com – Kumis kucing menjadi tanaman yang tumbuh liar di Indonesia. Tanpa disangka, ternyata tanaman ini memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan.

Memiliki bunga yang berwarna putih, tanaman yang memiiki nama latin Orthosiphon aristatus yang masuk dalam keluarga Lamiaceae atau tumbuhan berbunga.

Baca juga: Kacang Merah Kaya Serat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Tanaman ini disebut kumis kucing karena kumpulan sari bunga yang panjang dan menjulur dari dua sisi tampak menyerupai kumis kucing.

Bagian daun kumis kucing, terutama pucuk daun memiliki kandungan bahan obat yang lebih tinggi daripada bagian lainnya. Simak berikut ini beberapa manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan.

Baca juga: 5 Manfaat Liburan Untuk Kesahatan Mental

  1. Manfaat diuretik
Baca Juga :   Begini Cara Menangani Stunting Secara Mandiri

Daun kumis kucing memiliki manfaat diuretik yaitu mengurangi penumpukan cairan tubuh yang dikeluarkan melalui urine. Obat diuretik biasanya digunakan untuk menurunkan tekanan darah, mengobati pembengkakan kaki, mengobati glaukoma, dan gangguan jantung kongestif.

  1. Kaya antioksidan

Studi menunjukkan daun kumis kucing kaya akan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas berkat kandungan fenol dan terpenoid. Komponen ini mampu menangkap radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan organ di dalam tubuh.