oleh

Dua Tanggul Jebol, Bupati Pati Dijapri Ganjar

Pati, Mitrapost.com – Dua tanggul di Kecamatan Margoyoso tak kuat menahan aliran sungai hingga mengakibatkan jebol pada Sabtu (31/10/2020) malam.

Dua tanggul dari Sungai Tempur yang terletak di Desa Tunjungrejo ini tak kuat menahan debit air setelah mendapatkan kiriman air dari pegunungan setelah Kecamatan Margoyoso dan sekitarnya mengalami hujan lebat pada Sabtu siang hingga petang.

Baca juga: Sistem Rujukan RS Soewondo Lambat, Haryanto: Akan Kami Optimalisasi

Kedua tanggul tersebut terletak di RT 02 RW 08 yang jebol dengan lebar 3 meter dan kedalaman 5 meter serta di RT 01 RW 06 yang jebol dengan lebar 6 meter dan kedalaman 3 meter.

Bupati Kabupaten Pati Haryanto mengungkapkan kejadian ini sempat viral di media sosial hingga sampai ke telinga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dan membuat Ganjar  menghubunginya.

“Yang paling lama itu viralnya. Jadi Pati dianggap darurat bencana. Pak Ganjar juga japri saya, ‘Itu ngonmu wes banjir loh. Saya jawab, ‘mboten Pak itu banjir kali’,” ujar Haryanto dalam Rapat Koordinasi dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Sosialisasikan Perbub New Normal, Bupati Haryanto Keliling ke Desa

Haryanto juga mengaku sudah melakukan penanganan untuk membendung air agar tidak menggenangi rumah warga karena jebolnya dua tanggul tersebut.

Ia pun meminta langkah-langkah Pemkab Pati untuk disosialisaikan di media sosial agar dapat meredam kekhawatiran warga.

“Dan langkah-langkah itu tidak diupload. Ada 4 tindakan. (Sosialisasi) itu hal sepele, tapi masyarakat itu di medsos agar tahu,” ungkap Haryanto.

Karena minimnya sosialisasi kegiatan membuat seolah-olah Pemkab Pati tidak kerja. “Yang terlihat kan satu organisasi tertentu yang ketok,” kata Haryanto.

Baca juga: Pastikan MPLS Berjalan Daring, Haryanto Sidak ke Sekolah

Sementara itu, pada Minggu (1/11/2020) kemarin, Kepolisian Resor (Polres) Pati mengelar kerja bakti dan menambal tanggul yang jebol dengan membuat tanggul darurat.

Kegiatan ini diikuti puluhan personil Polres Pati beserta elemen masyarakat dan Dinas PUPR serta dipimpin secara langsung oleh Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait