oleh

Pengguna MacBook Baru Mesti Bersabar, Microsoft Office Bakal Lemot

Mitrapost.com – Bagi pengguna komputer Mac dengan chip Apple M1 harus berlapang dada jika menjalankan Microsoft 365 atau Office 2019. Pasalnya, pengguna akan mengalami kondisi lemot saat mengoperasikan pertama kalinya.

Aplikasi-aplikasi Microsoft Office itu bakal berjalan lebih lambat alias lemot, dibandingkan saat dijalankan di perangkat Mac lama, yang masih menggunakan prosesor buatan Intel. Hal itu diungkapkan langsung oleh Microsoft.com melalui laman resminya.

Baca juga: Tandingi Zoom, Google Meet Hadirkan Peredam Bising di Android dan iOS

“Proses menjalankan aplikasi Office akan memakan waktu yang lebih lama ketika dibuka untuk pertama kalinya,” ujar pihak Microsoft, dikutip Mitrapost.com, Senin (16/11/2020).

Namun, ketika aplikasi yang sama dibuka untuk kedua kalinya dan seterusnya, maka aplikasi tersebut akan dimuat dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini terjadi karena sistem perlu menghasilkan beragam kode, agar aplikasi tersebut berjalan di prosesor Apple Silicon dengan Optimal.

Terbilang wajar, beragam aplikasi yang tadinya berjalan di perangkat Mac berbasis Intel (prosesor berarsitektur x86), mesti melalui penyesuaian (translation) terlebih dahulu, agar bisa berjalan normal di perangkat berchipset Apple M1.

Baca juga: Korban Peretasan, Kode Pemrograman Windows XP Bisa Diakses Publik

Mengutip KompasTekno, Senin (16/11/2020), proses translation in sendiri mengandalkan sebuah software sistem yang bernama Rosetta 2. Sehingga, wajar saja apabila aneka aplikasi, seperti deretan program Office tadi, bakal dimuat lebih lama dari pada biasanya.

Adapun proses translation aplikasi disebut memakan waktu hingga kurang lebih 20 detik dan diklaim tidak akan mengubah, atau menghilangkan aneka fitur aplikasi Office yang sebelumnya tersedia.

Baca juga:

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait