oleh

Ketahui Penyebab Cegukan dan Cara Atasinya

Mitrapost.com – Cegukan adalah hal biasa terjadi dan hampir setiap orang pernah mengalami cegukan. Meski bukan masalah serius, cegukan bisa sangat menjengkelkan karena mempengaruhi saat berbicara. Cegukan terjadi saat diafragma tanpa sengaja berkontrasi. Peristiwa ini menyebabkan tertariknya udara ke paru-paru.

Jika kondisi ini terjadi tiba-tiba saat kotak suara berkontrasi, muncullah suara yang berbunyi seperti “hik”. Keadaan ini bisa berlangsung beberapa menit dan hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Tips Merawat Rambut Agar Terhindar Dari Kerusakan Bercabang  

Namun, jika cegukan terjadi lebih dari dua hari patut diwaspadai. Pasalnya, menurut ahli gastroenterology di Gleneagles Hospitas, Dr. Amitabh Moga, cegukan yang berkepanjangan dapat menunjukkan gangguan struktural, infeksi, atau inflamasi yang berdampak pada sistem saraf pusat atau saraf tertentu. Menurutnya, gangguan ini termasuk penyakit lambung, hati, pankreas, atau otak.

Dalam kebanyakan kasus, cegukan datang dan pergi dengan cepat. Faktor gaya hidup yang dapat menyebabkan cegukan meliputi:

– Makan terlalu banyak atau terlalu cepat

– Minuman berkarbonasi

– Makanan pedas

– Sedang stres atau bersemangat secara emosional

– Minum alcohol

– Terkena perubahan suhu yang cepat

Baca juga: Kaya Lemak Baik, Segudang Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil

Lantas, bagaimana mengatasi cegukan?

Cara sederhana yang dapat dilakukan saat cegukan dengan melibatkan beberapa mekanisme umum seperti menahan napas sebentar atau bernapas sambil mencondongkan tubuh ke depan dengan lutut ditarik ke dada.

Baca juga: Kacang Merah Kaya Serat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Selain itu, kamu juga bisa melakukan kumur untuk merangsang tenggorokan untuk mengganggu gerakan tak sadar diafragma.

Meskipun begitu, cara-cara tersebut belum bisa dipastikan kemanjurannya. Namun, metode ini mudah dilakukan dan memiliki risiko komplikasi rendah. Oleh karenanya, tak ada salahnya untuk mencoba.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait