oleh

Warga Margoyoso Keluhkan Sulitnya Dapat Akses Ambulan di Puskesmas

Pati, Mitrapost.com – Nanang, salah seorang warga Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati keluhkan sulitnya regulasi mendapatkan akses menggunakan Ambulan di puskesmas.

Nanang menceritakan, ketika hendak mengantarkan anggota keluarganya merujuk ke salah satu rumah sakit, dalam keadaan darurat ia tak diperbolehkan memakai Ambulan.

Baca juga: Kian Terpuruk, Petani Tembakau Tolak Kenaikan Cukai Rokok 2021

Pasalnya, pihak fasilitas kesehatan penyedia ambulan mengharuskan Nanang mempunyai surat rujukan yang dari rumah sakit terkait.

“Kita pinjam Ambulan dari faskes tidak dipinjami, pada saat saya mengantarkan saudara saya sakit darurat mau dirujuk ke rumah sakit katanya harus ada izin dari fasilitas kesehatan tertentu. Di sini pasti banyak yang merasakan seperti itu,” ungkap Nanang ketika menyampaikan aspirasinya di Reses Persidangan Pertama Tahun Sidang 2020/2021 DPRD Provinsi Jawa Tengah Fraksi PDI Perjuangan, Endro Dwi Cahyono di Desa Tanjungrejo Margoyoso, Sabtu (21/11/2020).

Baca juga: 23 Tahun Belum Dikeruk, Warga Sekitar Keluhkan Dangkalnya Waduk Gembong

“Kalau tidak gawat saya bisa mencari izin, tapi ada kondisi gawat darurat tapi tidak diizinkan oleh puskesmas karena tidak ada rujukan resmi kan bahaya,” imbuh Nanang.

Ahmad Thoha, warga yang lain juga menimpali keluhan Nanang bahwa dirinya juga mengalami hal serupa.

“Saya juga pernah seperti Mas Nanang ini, bahkan saudara saya hampir meninggal karena terlambat mendapatkan  tumpangan ke rumah sakit rujukan, untung ada teman saya yang membantu,” imbuh Ahmad.

Baca juga: Memasuki Musim Penghujan, Warga Diimbau Waspada Potensi Bencana

Merespons hal tersebut, Endro mengaku dalam waktu dekat pihaknya akan komunikasikan dengan pemerintah Kabupaten Pati dalam hal ini Dinas Kesehatan Pati untuk mengoreksi regulasi peminjaman Ambulans ke masyarakat.

“Ini biar nanti biar jadi koreksi demi kebaikan nanti kami sampaikan ke OPD terkait,” jawab Endro.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

News Feed