oleh

Joko Susanto Terpilih Menjadi Pemimpin Kawah Jateng

Semarang, Mitrapost.com – Sekretaris Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Provinsi Jawa Tengah, Joko Susanto, terpilih sebagai pemenang dalam Pemilihan Ketua Keluarga Alumni Universitas Wahid Hasyim (Kawah) Provinsi Jawa Tengah. Dengan demikian ia akan menjabat sebagai Ketua Kawah Jateng Periode 2019-2024. Pemilihan itu berlangsung dalam Musyawarah Daerah (Musda) Kawah Ke-I Jateng di Aula Cenderawasih, Kantor Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (21/11/2020).

Dalam pemilihan itu, pria yang akrab disapa Bung Joko, itu unggul 20 suara dari dua lawannya, Agusti Rudi Salam, calon nomor urut 1 seorang penyuluh pertanian, yang memperoleh 8 suara dan Muhammad Ricza Irhamni, calon nomor urut 2, dosen Unwahas, yang meraih 4 suara. Adapun total suara ada 35, hanya saja ada 3 suara dari Kabupaten Purbalingga Golput. Ketiganya dipilih secara terbuka dengan konsep ceklis pada foto surat suara yang sudah di sediakan panitia seleksi. Sehingga dilaksanakan layaknya prosesi Pilkada. Bahkan ketiganya bersaing menjadi calon setelah ditetapkan oleh Pansel telah memenuhi syarat pencalonan. Karena status ketiganya awalnya dari bakal calon.

Baca juga: Ajak Alumni Unwahas Ikuti Musda Kawah

Usai ditetapkan jadi pemenang, Joko Susanto, menyampaikan akan mengakomodir semua calon kalah dalam kepengurusannya. Selain itu, akan memasukkan pengurus dari usulan Dewan Pimpinan Cabang. Dengan begitu informasi dari pengurus provinsi dan Kabupaten/Kota di Jateng dapat tersinergikan dengan baik.

Pihaknya juga akan melibatkan rektorat dan yayasan maupun DPP duduk di dewan pembina maupun pengawas. Ia berharap program-program unggulan maupun visi dan misi yang sudah di buat bisa dijalankan nantinya oleh seluruh anggota. Karena semua itu sudah dipaparkan terlebih dahulu sebelum pemilihan.

Baca juga: Mantan Wapresma Unwahas Pimpin Kawah Semarang

“Program kerja akan kita bahas sekaligus saat pengukuhan 19 Desember mendatang. Dalam menjalankan amanah ini, kami akan sinergi dengan DPP, rektorat maupun yayasan. Melalui wadah ini, kami berharap ke depan akan melahirkan gagasan terbaik terutama dalam peningkatan peran alumni untuk kemajuan kampus Unwahas di masa mendatang, sehingga lebih mudah go Internasional,” kata Joko Susanto, usai terpilih.

Ia mengaku secara individual kiprah sebagai alumni belum banyak dilakukan. Melainkan menjalankan kiprah hanya sejak menerima surat mandat bersama 14 timnya pada 24 September hingga 24 November 2020. Untuk itu, ia berharap Kawah ke depan bisa maju lebih eksis di kelembagaan. Kemudian mampu mempersatukan seluruh alumni Unwahas yang ada di Jawa Tengah.

Baca juga: Kawah Jateng Bersiap Gelar Musda Pertama

“Kita bangun kerja sama dengan pihak-pihak terkait, terutama untuk kemajuan kampus, program terdekat adalah pengadaan kartu alumni yang akan kita mulai pada wisudawan April 2021, mari kita realisasikan,” sebutnya.

Sebelum Musda berlangsung diawali Seminar tentang strategi peningkatan pemantapan ketahanan ekonomi di masa Pandemi Covid-19 dan paparan tentang Wawasan Kebangsaan. Dengan terlebih dahulu hadir sebagai keynote speaker adalah Pejabat sementara (Pjs) Bupati Grobogan, Haerudin. Kemudian seminar diisi pula oleh Ketua Umum DPP Kawah, Herry Darman. Dengan terlebih dahulu diisi pengarahan organisasi oleh Rektor Unwahas, Prof Dr Mahmutaom HR, dilanjut sosialisasi perbankan dari Mybank Syariah Cabang Semarang, Laili Qodariyah dan Yoyok Mardiono.

Baca juga: Sambut Malam Minggu, 4 Bioskop di Semarang Mulai Buka Lagi

Dalam sambutan dan paparannya, Haerudin, mengajak Kawah untuk ke depannya bisa saling bersinergi sesama organisasi alumni. Karena ia juga menjabat Sekretaris Pengda Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Jateng. Ia juga menyampaikan, sinergi dan Kolaborasi, menjadi dua kata magis dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, terutama untuk mendukung kebangkitan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) termasuk di Jawa Tengah.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jateng, itu juga mengatakan, memiliki kewajiban untuk mengetahui tantangan apa yang dihadapi, bagaimana menginisiasi para pelaku ekonomi untuk tetap bisa bertahan mengembangkan usahanya di saat sekarang ini.

Baca juga: Meninggal dalam Mobil, Pria di Semarang Tinggalkan Surat Wasiat

“Ketahanan ekonomi sangat berkaitan dengan ketahanan negara. Ketika ketahanan ekonomi lemah, akan berpengaruh terhadap kondisi suatu daerah. Kesbangpol punya kewajiban bagaimana ikut menjaga ketahanan ekonomi tersebut agar bisa tetap kuat,” kata Haerudin.

Terpisah, Ketua Umum DPP Kawah, Herry Darman, mengucapkan selamat atas terpilihnya pengurus DPD Kawah Jateng. Dikatakannya, dari pengarahan Rektor Unwahas, Prof Mahmutarom, Unwahas merupakan kampus swasta terbanyak memiliki mahasiswa asing di Jateng. Dengan demikian alumni di seluruh provinsi di Indonesia dan luar negeri diharapkan bisa menyusul Jateng. Pihaknya juga memastikan akan merespon secara cepat apabila ada alumni yang mau membentuk.

“Kita harus bisa go Internasional. Bagaimanapun Unwahas adalah almamater kita, maka sudah selayaknya kita bersinergi membawa Kawah maupun Unwahas mendunia,”kata Herry Darman, didampingi Sekjend DPP Kawah, Ali Maksum. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait