oleh

Gandeng PWI, KPU Pati Lawan Berita Hoaks

Pati, Mitrapost.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menggelar acara Goes to Campus di STAIP, Selasa (24/11/2020).

Kali ini KPU menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pati sebagai pemateri. Langkah ini selaras dengan tema yang ada yakni Peran Media dalam Pendidikan Demokrasi.

Selain menggandeng PWI Pati, KPU juga bekerjasama dengan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Terma STAIP Pati.

“Kami berharap mereka berperan aktif, nanti, memerangi berita hoax (seperti) yang terjadi dalam Pemilu 2019 yang begitu luar biasa,” ujar salah satu Komisioner KPU Pati Supriyono selepas acara.

“Kami berharap teman-teman mahasiswa menjadi agen perubahan yang mampu menjadi penyampai informasi dengan proses-proses yang sesuai dengan ketentuan media. Meskipun ia tidak termasuk media,” lanjut Supriyono.

Baca juga: Kabar 34 Warga Bendar Meninggal karena Covid-19, Bupati Pati: Hoaks

Sementara itu, Ketua PWI Pati Moch. Noor Efendi mengatakan mendukung acara ini. Pihaknya ingin memberikan literasi media kepada mahasiswa tentang bagaimana seharusnya ketika ikut andil dalam media sosial maupun media mainstream.

“Dan termasuk kita berjurnalisme warga yang baik. Menurut saya harus mengacu pada kode etik jurnalistik,” kata lelaki yang akrab disapa Fendi ini.

“Silahkan warga melakukan tindakan jurnalistik di media sosial tetapi lebih baik dengan memakai kode jurnalistik. Itu lebih aman,” lanjutnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pers sebagai salah satu pilar demokrasi sangat dibutuhkan dalam mewujudkan demokrasi yang sehat.

“Termasuk kita mendorong keadilan sosial, kesejahteraan rakyat, hak asasi manusia termasuk dalam konteks dalam membangun idealisme dalam berbangsa dan bernegara,” tandasnya. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait