oleh

Bansos BST Diperpanjang Hingga Juni 2021, Cuma Dapat Rp200 Ribu?

Pati, Mitrapost.com – Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati, Tri Haryumi mengonfirmasi kabar Bantuan Sosial Tunai (BST) akan diperpanjang hingga Juni 2021 benar adanya.

Ditanya mengenai besaran nilai bantuan yang katanya turun menjadi Rp 200 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM) ia menegaskan belum ada keputusan resmi terkait isu terasebut.

Baca juga: Pati Zona Merah, Disporapar Jateng Sebar Alat Prokes di 4 Tempat Pariwisata

“Nilai BST mulanya Rp600 ribu disalurkan 3 kali kemudian jadi Rp300 ribu.  Kalau sesuai ketentuan, Pati masih mengacu pada Rp300 ribu itu di 2021. Belum ada surat tembusan terkait pengurangan menjadi Rp200 ribu,” ungkapnya kepada Mitrapost.com, Rabu (25/11/2020).

Meski belum ada keputusan resmi, ia mengatakan wacana tersebut bisa saja terealisasi bilamana situasi krisis membaik dan harga mulai stabil.

Baca juga: Dikabarkan Comeback Bulan November, Bioskop New Star Cineplex Pati Masih Tutup

Diketahui bahwa program BST mulai dicanangkan sejak bulan Maret dan mulai disalurkan selama bulan April. Hingga bulan November pencairannya suda pada tahap ke-8.

Di setiap tahapnya, Dinsos Pati selalu lakukan upgrade data untuk meminimalisir penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran.

Baca juga: Banyak Pohon Tumbang Dihempas Angin Kencang, Ini yang Akan Dilakukan DPUTR Pati

“Jumlah penerimanya naik turun misal di tahap pertama ada 32.123 KPM, di tahap kedua menjadi 32.106 KPM,” jelasnya.

“Memang naik turun, faktornya satu penerima sudah meninggal, kedua pindah rumah, atau ganda dengan bantuan lain jadi ga boleh tumpang tindih,” tambahnya.

Hingga bulan November tercatat sebanyak 36.372 KPM mendapat alokasi Bansos BST. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait