oleh

Selain Bumi, Ilmuwan Temukan Oksigen di Galaksi Markarian

Mitrapost.com – Temuan terbaru, ilmuwan mendapati molekul oksigen di galaksi Markarian 231. Hal ini menunjukkan kemungkinan keberadaan makhluk lain di luar Bumi.

Menurut pemberitaan ScienceNews yang dilihat Sabtu (5/12/2020), Galaksi Markarian 231 berjarak 560 juta tahun cahaya dari galaksi Bima Sakti di rasi bintang Ursa Major.

Baca juga: Fenomena Modifikasi Adzan, Ini Penjelasan Lengkap Muhammadiyah

Galaksi ini ditemukan oleh para atronom menggunakan teleskop IRAM yang memiliki panjang 30 meter di Spanyol dan interferometer NOEMA di Prancis.

Namun dirasa sangat mustahil adanya manusia yang mampu menjangkau galaksi tersebut.

Baca juga: Sebagian Wilayah Jateng Diprediksi Terdampak Fenomena La Nina

Meski begitu penemuan ini bisa membantu para ilmuwan. Mereka jadi bisa lebih memahami peran oksigen dalam evolusi semesta seperti planet, bintang, galaksi, kehidupan secara umum.

Baca Juga :   Distribusi Tersendat, RSUD Sultan Fatah Demak Kekurangan Oksigen

Oksigen adalah satu dari 3 elemen penting di jagat raya selain hidrogen dan helium. Penemuan ini pun sudah dilaporkan dalam Astrophysical Journal.

Baca juga: Saksikan Fenomena Alam di Langit Indonesia Mulai Malam Ini

Sebelumnya, ilmuwan pernah mendeteksi sedikit oksigen di Orion Nebula berwujud seperti awan. Diduga ini adalah atom O2 dan H2O yang membeku menjadi butiran debu.

Nah, molekul oksigen di Markarian 231 jumlahnya 100 kali lebih banyak dari Nebula Orion. Kemungkinan proses pembentukan oksigen di Markarian 231 sama seperti di Nebula Orion. Menurut ilmuwan, oksigen membantu pembentukan bintang di jagat raya.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa ada kandungan oksigen di bagian lain alam semesta ini. Peralatan jenis baru yang lebih canggih nantinya mungkin dapat melacaknya. (AZ)

Baca Juga :   Paguyuban di Klaten Salurkan Bantuan 100 Tabung Oksigen

Baca juga: 

Artikel ini telah tayang di detikINET dengan judul ‘Hore! Oksigen Sudah Ditemukan di Galaksi Lain

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral