oleh

KBM Tatap Muka Segera Digelar, Perpustakaan Daerah Bersiap Dibuka

Pati, Mitrapost.com – Mendikbud bergelagat berikan lampu hijau untuk lembaga pendidikan kembali selenggarakan KBM tatap muka mulai Januari 2021 mendatang.

Di daerah merespons hal tersebut, seluruh sektor juga tengah bersiap, tak terkecuali Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Pati.

Baca juga: Arpusda Pati Luncurkan Perpustakaan Digital, Bisa Diunduh di Play Store

Diakui Sugiri, Kepala Bidang IT di Arpusda Pati meski belum ada perintah resmi dari pusat, Dinas Arpusda Pati telah menyiapkan protokoler kesehatan ketat untuk persiapan Januari mendatang.

“Setelah ada wacana sekolah mau buka, kita juga berencana buka perpus dengan protokol kesehatan yang ketat. Kalau bukanya Itu baru sekedar wacana, tapi ini kita sudah bersiap,” kata Sugiri kepada Mitrapost.com, Senin (7/12/2020).

Baca juga: Punya Lebih dari 300 Pelayanan, MPP Pati Diuji Coba Hari Ini

Sebagai bocorannya, Dinas Arpusda Pati akan menerapkan beberapa regulasi. Diantaranya ketika dibuka, perpustakaan hanya akan melayani peminjaman dan pengembalian buku, untuk meminimalisir kerumunan.

“Tapi semisal dari atas memperbolehkan untuk para membaca membaca di perpus, kami akan batasi selama 1 jam saja,” katanya.

Baca juga: Tasiman Pernah Jadi Atasannya, Bupati Pati: Beliau Orang Baik

Selain menyiapkan tempat cuci tangan untuk pengunjung, buku koleksi perpustakaan akan di scan sinar UV dengan derajat tertentu secara berkala untuk sterilisasi buku.

Para karyawan dan pegawai juga diperhatikan kesehatan dan protokoler Covid-19 nya. Sedangkan calon peminjam buku disarankan untuk mengakses e-pusda di internet untuk melihat katalog buku dari rumah sehingga mengurangi kerumunan di perpustakaan.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait