oleh

Bahaya Konsumsi Garam Berlebih, Begini Dampaknya

Mitrapost.com – Mengonsumsi makanan yang gurih dan asin memang menggugah selera. Bahkan, sering kali makanan yang mengandung tinggi garam membuat para penikmatnya ketagihan.

Namun jangan keterusan, berlebihan dalam mengonsumsi makanan tinggi garam dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Mengonsumsi makanan yang demikian dapat mengganggu fungsi organ pada tubuh. Alhasil, akibat disfungsi organ dapat berakibat fatal bagi kesahatan organ lainnya.

Baca juga: Kenali Manfaat Belimbing, Kaya akan Vitamin C

Kerusakan Organ

 

  1. Ginjal

Konsumsi garam berlebihan juga bisa berdampak negatif pada kondisi ginjal kita. Padahal, gangguan pada organ ginjal juga bisa berdampak pada tekanan darah dan jantung. Ginjal menyaring lebih dari 120 liter darah setiap hari.

Organ ini juga menarik racun dan cairan yang tidak diinginkan dari sel-sel di seluruh tubuh, kemudian mengirimkannya ke kandung kemih. Konsumsi garam terlalu banyak dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan cairan.

Baca juga: Video : 5 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Akibatnya, cairan tersebut akan menumpuk dan meningkatkan tekanan darah. Jika tidak diatasi, kondisi ini bisa memicu penyakit gagal ginjal. Sayangnya, tanda penyakit ginjal seringkali tidak disadari. Hal ini juga membuat banyak orang mendapatkan penanganan yang terlambat.

Gejala Gagal Ginjal

Berikut berbagai gejala gagal ginjal yang sering tak disadari: kelelahan ekstrim gangguan tidur kulit gatal frekuensi buang air kecil berkurang darah atau busa pada urin kram otot nafsu makan berkurang mual dan muntah.

Komentar

Berita Terkait