oleh

Bawaslu Rembang Tolak Permohonan Pemungutan Suara Ulang

Rembang, Mitrapost.com – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang Tahun 2020 di Gedung Balai Kartini Kabupaten Rembang pada Selasa (15/12/2020) berjalan alot.

Saksi pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Harno-Bayu dalam kesempatan tersebut mengajukan Pemilihan Suara Ulang (PSU). Saksi dari paslon 01 menganggap telah mendapati kecurangan.

BPKAD Pati

Baca juga: Pilkada Rembang, Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Hari Ini

Di antaranya berupa tidak tersegelnya kotak suara yang berasal dari Kecamatan Sale. Sedangkan, kasus lain datang dari Kecamatan Sarang, yakni terdapat tiga pemilih yang tidak memenuhi syarat.

Dalam kesempatan tersebut Ahmad Soffa, Anggota Komisioner Bawaslu Rembang menganggap pengajuan dari saksi 01 belum memenuhi syarat PSU.

Baca juga: Rekapitulasi Suara Pilkada Rembang, Saksi Paslon 01 Dapati Sejumlah Kejanggalan

“Di rekapitulasi sudah diperlihatkan dan sudah dijawab oleh temen2 PPS, sehingga kami rasa dari Bawaslu untuk terpenuhinya PSU saya rasa belum,” ujarnya.

Soffa menganggap bahwa pengajuan yang telah dilakukan oleh saksi paslon Harno-Bayu sudah bisa diselesaikan di tingkat TPS. Dari Bawaslu pun tidak serta merta langsung menerima gugatan yang diajukan. Perlu dikaji terlebih dahulu ada dasarnya atau tidak.

“Tentu kami akan melihat apakah yang diajukan keberatan itu berdasar atau tidak. Kalo itu memang ada dasarnya ya kita akan lihat itu. Tapi kami lihat bahwa permasalahan itu kan seharusnya selesai di tingkat PPS, karena di situ ada saksi tim paslon 01 dan paslon 02,” imbuhnya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Aziz Afifi

Gambar Gravatar
Wartawan Mitrapost.com Area Rembang dan Blora

Berita Terkait