oleh

Hasil Akhir Rekapitulasi, Hafidz-Hanies Menangkan Suara Pilkada Rembang

Rembang, Mitrapost.com – Hasil akhir rekapitulasi suara Pilkada Rembang, pasangan Hafidz-Hanies unggul tipis. KPU Rembang mencatat pasangan nomor urut 02 menangkan suara 1,3 persen dari sang rival, Harno-Bayu.

Setelah pemungutan suara 9 Desember 2020 lalu, KPU Rembang menggelar tahap rekapitulasi suara tingkat kabupaten di Balai Kartini Rembang, Selasa (15/12/2020) kemarin. Berdasarkan perhitungan tersebut, pasangan calon Hafidz-Hanies unggul dengan perolehan 214.237 suara, sementara pasangan Harno-Bayu mendapat 208.736 suara.

BPKAD Pati

Baca juga: Video : Pilkada Rembang, Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Hari Ini

Rapat Pleno yang digelar KPU Rembang Selasa (16/12/2020) kemarin terkait rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara pemilih bupati dan wakil bupati Rembang berjalan alot hingga berakhir larut malam. Hal ini terjadi lantaran sejumlah kejanggalan ditemukan mulai dari pemilih yang tidak memenuhi syarat hingga permasalahan kotak suara yang tak tersegel.

Tak hanya itu, beberapa kecamatan mendapatkan koreksi dari saksi salah satu paslon hingga memicu perdebatan panjang.

Baca juga: Belangsung di Tengah Pandemi, Pilkada Rembang Ketat Terapkan Protokol Kesehatan

Meski begitu, Ketua KPU Rembang, Ikbal Ika Fahmi mengaku mampu mengatasi hal tersebut dengan baik tanpa mempengaruhi keputusan yang ada. Berdasarkan perolehan suara yang didapat, Hafidz-Hanies memenangkan jumlah suara di Rembang.

“KPU Rembang sudah melaksanakan rekapitulasi kabupaten.  Sesuai dengan dinamika di dalam pleno tapi itu tidak mengurangi keabsahan dari rekap ini,” ujar Ikbal.

Ikbal mengungkapkan, selanjutnya jika ada paslon yang merasa keberatan dapat mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Sesuai regulasi yang ada, pengajuan tersebut dapat dilakukan maksimal 3 hari setelah penetapan hasil perhitungan suara. (*)

Baca juga: 

Tonton video “Intip Bus Anti Corona Karya Wong Jateng Asli”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Aziz Afifi

Gambar Gravatar
Wartawan Mitrapost.com Area Rembang dan Blora

Berita Terkait