Ragam Khasiat Nanas, Kaya Antioksidan Pencegah Kanker

Mitrapost.com – Buah tropis yang memiliki warna kuning segar ini dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Buah nanas memiliki khasiat yang tinggi atas nutrisi antioksidan yang dipercaya menangkal peradangan dalam tubuh.

Memiliki rasa asam dan manis yang khas, nanas memiliki khasiat dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini sangat berguna agarb tubuh tak gampang terserang penyakit, terlebih di masa pandemic seperti sekarang ini.

Baca juga: Kandungan Buah Naga dan Manfaatnya untuk Tubuh

Nah, berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi nanas.

  1. Menangkal penyakit

Nanas merupakan sumber antioksidan, yaitu flavonoid dan asam fenolik, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu. Banyak antioksidan dalam nanas terikat, sehingga memiliki efek tahan lama.

  1. Melancarkan pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain. Enzim ini berfungsi sebagai protease yang memecah molekul protein menjadi blok pembangunnya, seperti asam amino dan peptida kecil. Enzim ini dapat membantu pencernaan, terutama pada mereka yang mengalami insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan.