oleh

Kreatif! Sawah Direndam Banjir Justru Dijadikan Wahana Wisata di Desa Pasuruhan

Pati, Mitrapost.com Kreatif, kata itu pantas disematkan kepada para petani di Desa Pasuruhan, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Puluhan petani yang sawahnya terendam banjir justru menjadikan bencana alam untuk mencari peluang rezeki.

Mereka menyulap puluhan hektare sawah yang kebanjiran menjadi wahana wisata perahu.

Terdapat puluhan perahu berbagai jenis yang disewakan para petani untuk mengajak para pengunjung berkeliling mengitari sawah yang terendam banjir. Ada perahu dayung, perahu motor, hingga perahu bebek kayuh.

Berdasarkan pantauan Mitrapost.com, ratusan pengunjung yang datang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Pati ramai memadati jalanan di areal sawah. Mereka mengantre untuk mendapat giliran menumpang perahu.

Baca juga: 96 Hektar Sawah dan Beberapa Rumah di Desa Tanjang Pati Kebanjiran

Ada pula petugas kesehatan dengan menggunakan ambulance yang terus mengingatkan para pengunjung untuk memakai masker dan menaati protokol kesehatan.

Sedangkan, di jalan masuk menuju areal persawahan, ada pula petugas yang membagikan masker.

Salah satu pengunjung, Saputra mengaku terpukau dengan wisata ini. Pemuda dari Kecamatan Tlogowungu ini rela menempuh jarak sekitar 25 km demi melihat kekreatifitasan para petani ini.

Meskipun demikian ia berharap bencana alam ini cepat berlalu dan ada solusi dari pemerintah untuk memecahkan permasalahan yang hampir setiap musim hujan terus berulang.

“Dari rumah sampai sini sekitar 45 menitan, mas. Bagus dan kreatif. Semoga cepat reda banjirnya,” katanya.

Baca juga: Terendam Banjir, Kerugian Petani Padi di Kudus Bisa Capai 15 Juta Per Hektare

Komentar

Berita Terkait