Jahe, Selain Meredakan Mual Juga Bisa Mencegah Kanker

Mitrapost.com – Tanaman rimpang jahe kerap kita temui sebagai salah satu bumbu dapur dan obat herbal. Tanaman yang masuk ke dalam jenis temu-temuan ini memiliki rasa dominan pedas sehingga sering disajikan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh.

Selain bermanfaat menghangatkan badan, tanaman yang terdiri dari gingerol juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan mulai dar meredakan rasa mual hingga mencegah penyakit kanker.

Mengurangi rasa mual

Mengonsumsi jahe, baik jahe mentah atau dalam bentuk minuman dipercaya bisa meredakan rasa mual yang disebabkan karena morning sickness, vertigo, mabuk perjalanan, pun efek samping pengobatan kanker.

Jahe dalam bentuk permen juga memiliki khasiat yang sama untuk meredakan mual, selain itu juga sangat praktis untuk dibawa dalam perjalanan.

Baca Juga :   Miliki Kualitas Unggul, Jahe Asal Pati Jadi Primadona

Mencegah kanker

Kandungan gingerol pada jahe diketahui dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Hal itu berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh  University of Minnesota terhadap sekelompok tikus yang mengalami tumor usus besar. Pada penelitian hari ke-49, pada tikus yang diberi gingerol ukuran tumornya setengah dari ukuran tikus tidak diberi gingerol.

Melancarkan pencernaan

Melansir hello sehat, kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.