7 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Belahan Dunia

Mitrapost.com – Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang unik, seru dan ditunggu setiap tahunnya. Banyak sekali cara-cara masyarakat, baik di Indonesia maupun di belahan dunia lain dalam merayakan malam tahun baru.

Setiap negara punya kebudayaan yang berbeda-beda, sehingga mereka memiliki cara dan tradisi yang berbeda pula dalam merayakan tahun baru. Tradisi unik ini hampir tak terbayangkan sebelumnya. Merayakan momen pergantian tahun selalu dimaknai sebagai peristiwa penting budaya.

Baca juga: Tahun Baru 2021 Tinggal Menghitung Hari, Berikut Tips Menyusun Resolusi

Selalu ada ritual atau tradisi perayaan khusus untuk menyambut datangnya tahun yang baru ini. Uniknya,  setiap negara memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan momen tahun baru, termasuk Indonesia.

Baca Juga :   Cara-cara Unik Merayakan Tahun Baru

Kebiasaan unik warga Indonesia dalam menyambut pergantian tahun adalah meniup terompet, konvoi,  begadang, dan konser. Beda dengan di Indonesia, Ini tradisi unik negara-negara di dunia untuk momen tahun baru:

  1. Jepang

Negeri sakura ini merayakan tahun baru dengan pergi ke Kuil untuk berdoa Setelah pergantian tahun mereka secara bergantian membunyikan lonceng kemudian berdoa tentang harapan-harapan di tahun yang baru.

Setelah itu mereka akan menerima undian mengenai peruntungannya di tahun yang akan datang. Lalu, mereka akan berkumpul dengan keluarga, kekasih ataupun teman-temannya.

Baca juga: Harbolnas 12.12, 5 Tips Belanja Online Agar Tak Mudah Terkecoh

  1. Spanyol

Saat tengah malam pergantian tahun, warga Spanyol memiliki tradisi memakan 12 buah anggur dengan cepat, dalam hitungan setiap detik. Setiap buah anggur ini melambangkan keberuntungan dalam 12 bulan di tahun yang baru.

Baca Juga :   Tiga Film Indonesia Paling Dicari hingga Tayang Lagi di Akhir Tahun 2020

Di Madrid, Barcelona, dan kota-kota Spanyol lainnya, para penduduk berkumpul di pusat kota saat detik-detik pergantian tahun sambil memakan anggur bersamaan dan bergantian meminum minuman anggur dari botol.

  1. Brasil

Pada malam tahun baru, orang-orang setempat berpakaian putih mendekati laut untuk menonton kembang api dan melemparkan bunga putih dan hadiah lainnya ke arah laut untuk dewi. Harapannya akan memberikan keberuntungan dan kebahagiaan kepada mereka.

Beberapa menempatkan hadiah mereka ke dalam perahu mainan kayu kecil. Hadiah dan lilin mengambang ditinggalkan di laut selama malam.