oleh

Beragam Khasiat Si Buah ‘Genit’, Menjaga Kesehatan Mata

Mitrapost.com – Buah kesemek memang tidak sepopuler apel. Tapi, tahukah Anda buah kesemek punya banyak manfaat sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

Banyak yang bertanya, mengapa buah ini berlumur serbuk putih seperti bedak sehingga mendapat julukan buah genit. Sebenarnya buah ini ketika dipetik dari pohonnya tidak ada serbuk putihnya. Lantaran rasanya yang sepet, maka disiasati dengan direndam dalam larutan air kapur minimal selama 24 jam untuk menghilangkan rasa sepetnya.

Baca juga: Kandungan Buah Naga dan Manfaatnya untuk Tubuh

Tidak cantik, buah kesemek mengandung cukup banyak nutrisi dan vitamin. Mengutip dari buku Jus Ajaib Penumpas Aneka Penyakit karya Dr. Rusilanti, Msi, buah kesemek mengandung vitamin B1, B2, C, Kalsium, Fosfor, zat besi, dan Niasin.

Berikut ini sejumlah manfaat kesemek, Mitrapost rangkum dari berbagai sumber.

  1. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat buah kesemek yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini tak lain karena di dalam kesemek terdapat vitamin B kompleks seperti asam folat dan tiamin.

Seperti yang kita ketahui kandungan tersebut merupakan sesuatu yang amat penting untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sebab, unsur ini akan memastikan sistem tubuh sudah berfungsi dengan benar, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca juga: Manfaat Buah Nangka, Bisa Jaga Gula Darah

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah yang berasal dari Tiongkok ini kaya akan vitamin A. seperti yang diketahui bahwa vitamin A sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata.

Setiap buah kesemek mampu menyediakan 55 persen vitamin A dari kebutuhan harian. Hal ini kemudian menjadi alasan penting kenapa mengonsumsi kesemek sangat dianjurkan.

Baca juga: Manfaat Mengkudu, Mencegah Kanker hingga Menyehatkan Kulit

Selain itu, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun di malam hari, mata kering, dan penyakit kronis mata lainnya. Kamu bisa mengonsumsi buah kesemek secara langsung maupun membuatnya sebagai jus.

  1. Mengurangi Peradangan

Manfaat buah kesemek berikutnya adalah dapat mengurangi peradangan. Walaupun peradangan merupakan respon imun yang normal, akan tetapi jika terjadi peradangan yang kronis akan menyebabkan terjadinya kanker bahkan jantung koroner.

Siapa sangka bila ternyata buah kesemek ini mengandung tanin (asam tanat), sehingga terbukti dapat membantu meredakan peradangan.

Baca juga: 5 Manfaat Susu Almond, Dukung Kesehatan Jantung

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan juga dapat menjaga kesehatan hati. Manfaat tersebut bersumber dari kandungan antioksidan yang ada dalam bush kesemek bermanfaat untuk menangkal adanya radikal bebas berbahaya dari oksigen.

Antioksidan juga berfungsi dalam menurunkan efek bahan beracun serta mencegah kerusakan sel dalam tubuh, atau detoksifikasi pada hati.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Komentar

Berita Terkait