oleh

Pengguna WhatsApp Harus Bagi Data ke Facebook Atau Hapus Akun

Mitrapost.com – Sejumlah kebijakan baru diterapkan oleh WhatsApp bagi para penggunanya. Salah satunya, mewajibkan pengguna membagikan datanya ke Facebook.

Tiga poin utama dalam kebijakan terbaru ini mempengaruhi bagaimana WhatsApp memproses data pengguna, bagaimana bisnis bisa menggunakan layanan yang dihosting Facebook untuk menyimpan dan mengelola isi percakapan. Dan bagaimana WhatsApp akan bermitra dengan Facebook untuk menawarkan integrasi yang lebih dalam di produk-produk mereka.

Baca juga: Luncurkan Fitur Anyar, WhatsApp Web Bisa Lakukan Panggilan Suara dan Video

Kebijakan ini akan mulai diterapkan pada 8 Februari 2021 mendatang. Jika pengguna masih ingin mengakses WhatsApp setelah tanggal tersebut, mereka harus menerima kebijakan baru tersebut. Jika tidak setuju, pengguna bisa menghapus akun mereka.

Jika pengguna setuju, WhatsApp akan membagikan data mereka ke anak perusahaan Facebook, termasuk Facebook Payments Inc., Facebook Payments International Limited., Onavo, Facebook Technologies LLC, dan CrowdTangle.

Baca juga: FTC layangkan Gugatan, Minta Facebook Lepaskan Instagram dan WhatsApp

Jenis informasi yang akan dibagikan WhatsApp ke Facebook antara lain nomor telepon, nama profil, foto profil, data transaksi, informasi terkait layanan, informasi perangkat mobile, alamat IP dan informasi lainnya.

Menurut WhatsApp kebijakan ini untuk membantu pihaknya mengoperasikan, menyediakan, meningkatkan, memahami, menyesuaikan, medukung, dan memasarkan layanannya.

Lebih jelasnya, informasi pengguna WhatsApp akan digunakan untuk memberikan rekomendasi, personalisasi fitur dan konten, memberikan penawaran dan iklan yang relevan, dan menghubungkan experience WhatsApp dengan layanan Facebook Company lainnya.

Baca juga: Pesan WhatsApp Bisa Hilang Otomatis

Kebijakan privasi baru WhatsApp ini sejalan dengan cita-cita Facebook untuk mengintegrasikan semua layanan miliknya. Beberapa tahun terakhir, Facebook terus berusaha untuk menyatukan ekosistem messaging antara Facebook, WhatsApp dan Instagram.

Meski begitu, pengguna tak perlu cemas akan percakapan yang ada di WhatsApp karena masih terlindungi oleh enkripsi end-to-end. Dengan demikian, WhatsApp maupun Facebook tidak akan bisa mengintip isi percakapan. (az)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

 

Artikel ini telah tayang di Detik Inet dengan judul “WhatsApp Paksa Pengguna Bagi Data ke Facebook atau Hapus Akun

Komentar

Berita Terkait