Harga Pakan Ayam Petelur Nasional Melambung Lantaran Stok Jagung Menipis

Pati, Mitrapost.com – Awal tahun 2021 menjadi masa yang berat bagi peternak ayam petelur di Kabupaten Pati. Harga pakan ayam petelur diketahui masih melambung tinggi.

Bahkan sebelumnya sempat terekspos ke media sosial dan aplikasi percakapan, aksi seorang peternak dengan terang-terangan membuang telur ayam ke sungai lantaran harga pakan ayam yang mahal sedangkan harga telur murah.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati Andi Hirawadi mengatakan, naiknya harga pakan tak hanya terjadi di Pati melainkan dirasakan oleh peternak seluruh Indonesia.

Baca juga: Dispertan Pati: Kedelai Lokal Lebih Aman Dikonsumsi

Harga pakan ternak ayam petelur sudah ditentukan pasar skala nasional.

“Harga pakan mahal, memang masalah nasional,” katanya saat diwawancarai Mitrapost.com di Kantornya beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga :   Lahan Terluas Se-Kabupaten Pati, Gapoktan Guyup Rukun Berharap Kemitraan Berjalan Sukses

Andi menyebut banyak faktor yang menyebabkan naiknya harga pakan ayam ini. Namun faktor yang paling dominan yang membuat bahan ini naik adalah karena mahalnya harga bahan baku pakan impor yakni jagung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati