oleh

Layanan Hasil Cetak Adminduk Dindukcapil Blora Dikirim File PDF

Blora, Mitrapost.com Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora tengah berupaya memberikan kemudahan bagi warga terkait pengurusan dokumen kependudukan.

Apalagi menjelang bulan puasa tahun ini, Dindukcapil Blora menyiapkan layanan keliling agar dapat menjangkau warga yang berada di daerah.

Selain itu, Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dukcapil Blora Zulis Susilarti menjelaskan tahun ini berencana mengantarkan KTP elektronik yang sudah di cetak hingga ke tingkat desa/kelurahan.

“Kita juga merencanakan nanti KTP elektronik yang sudah dicetak diantarkan langsung ke tingkat desa dan kelurahan,” ucapnya.

Sementara itu untuk layanan online, bagi pemohon dokomuen kependudukan selain KTP-elektronik dan KIA, pemohon bisa melakukan pencetakan sendiri. Nanti pemohon diberikan syarat-syaratnya, kemudian setelah memenuhi, akan dikirim dokumennya dalam bentuk file PDF dan bisa dicetak sendiri.

“Untuk layanan online, mulai 10 Maret 2021, hasil layanan berupa KK dan Akte dikirim ke alamat pemohon melalui WA atau email dalam bentuk PDF,” terangnya.

Baca juga: Pelayanan Adminduk Dinilai Perlu Ditingkatkan, Bupati Pati: Cetak e-KTP Bisa di Kecamatan 

Pihaknya mengatakan kebutuhan blangko e-KTP untuk saat ini diperkirakan masih mencukupi pelayanan pencetakan kartu kependudukan. Berdasarkan data hingga Jumat (5/3/2021) jumlah stok blangko KTP elektronik yang tersedia sebanyak 8.400 keping.

“Per hari, pada jam kerja kami mencetak sebanyak 250 KTP elektronik. Jadi stok blangko cukup aman,” terangnya, Senin (8/3/2021).

Selama pandemi Covid-19 ini, ia menyatakan penerapan protokol kesehatan Covid-19 masih diberlakukan secara ketat, di antaranya membatasi jarak tempat duduk pemohon yang antri, menyediakan tempat cuci tangan dan setiap pemohon diukur suhu tubuh terlebih dahulu serta wajib pakai masker.

Pemasangan pembatas seperti mika (plastik bening) dan kaca juga dilakukan di ruang pelayanan untuk mengantisipasi kontak langsung antara petugas dan pemohon dokumen kependudukan.

“Protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat. Pemohon disilahkan antri dan menunggu panggilan melalui pengeras suara,” tambahnya. (*)

Baca juga: Banyak E-KTP Tak Diambil Warga, Disdukcapil Blora Distribusikan ke Desa Bulan Depan 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait