oleh

Perbaikan Jalan di Jateng, Dinas PU Targetkan Selesai April Mendatang

Semarang, Mitrapost.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saat ini menggencarkan percepatan perbaikan jalan mengingat curah hujan yang sudah mulai turun. Selain itu Dinas Pekerjaan Umum juga menargetkan perbaikan dapat diselesaikan maksimal sebelum lebaran.

Kepala Dinas PU BMCK Jawa Tengah, AR Hanung Triyono menegaskan perbaikan jalan rusak hingga saat ini terus dilakukan.

“Jadi teman-teman tidak berhenti sejak akhir tahun lalu hingga saat ini untuk melakukan perbaikan. Memang kemarin terkendala pengadaan bahan, tapi kami targetkan April nanti selesai. Jadi, sebelum lebaran kami upayakan Jateng sudah bebas lubang,” kata Hanung.

Selain pemeliharaan rutin, pihaknya juga siap melaksanakan proyek peningkatan di sejumlah ruas jalan Provinsi Jawa Tengah.

“Jadi yang kondisinya tidak bisa dipelihara rutin, kita rencanakan dengan peningkatan. Sudah ada beberapa paket peningkatan jalan yang sudah selesai, seperti ruas Surakarta-Gemolong yang sekarang sudah kami kerjakan,” tutup Hanung.

Baca juga: Jalan Rusak Akibat Banjir Baru Bisa Diperbaiki Jika Lubang Sudah Kering

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh balai jalan yang ada di sejumlah daerah, lebih proaktif dan merespons cepat aduan dari masyarakat terkait jalan rusak yang disebabkan cuaca ekstrem.

“Selain respons cepat, saya juga meminta teman-teman PU (Pekerjaan Umum) menghitung betul kemampuan SDM (sumber daya manusia), peralatan dan membuat metode penanganan yang baik, dengan menggandeng kampus, lembaga penelitian dan lainnya yang lebih berpengalaman,” ucap Ganjar saat berkunjung ke Kantor Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (PU BMCK), Selasa (9/03/2021).

Mengingat intensitas hujan yang sudah turun, Ganjar meminta perbaikan jalan yang saat ini sedang berlangsung untuk dilakukan percepatan.

“Sekarang intensitas hujan juga sudah turun, jadi harus dikebut. Selain itu, lelang-lelang juga sudah selesai dan beberapa ruas sudah mulai dikerjakan. Saya minta itu dibereskan secepatnya, tidak hanya jalan tapi juga sungai,” kata Ganjar.

Baca juga: DPUTR Pati Anggarkan 200 Juta untuk Tambal Jalan Berlubang

Terkait penanganan jalan berlubang, Ganjar melihat semua petugas di lapangan sudah bekerja dengan baik. Untuk itu, ia meminta untuk pekerjaan terus dilakukan.

“Saya dapat laporan tiap hari, hanya memang ada sejumlah jalan yang tingkat kerusakannya cukup parah, itu tidak bisa ditambal karena harus ada peningkatan jalan. Tapi untuk jalan yang lubangnya dalam, saya minta secepatnya ditangani,” imbuh Ganjar.

Untuk melakukan percepatan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan mengintensifkan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota.

“Kami komunikasi terus dengan Kementrian PUPR, dan memang ada kekurangan-kekurangan dari kami, itu dibantu pusat. Kemarin saja penanganan jalur pantura, kami dapat tambahan sekitar Rp400 miliar,” pungkas Ganjar. (*)

Baca juga: Musim Hujan, Perbaikan Jalan Rusak di Rembang Tak Optimal

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait