oleh

Raperda Baru Pastikan Penyandang Disabilitas Mudah Dapatkan Pekerjaan

Pati, Mitrapost.com – Melalui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyandang Disabilitas, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah berharap Pemerintah Kabupaten Pati mengakomodasi para penyandang disabilitas mudah mendapatkan pekerjaan.

“Kami berharap pemerintah juga mengakomodir orang disabilitas. Perusahaan juga mengakomodir,” kata Anggota Komisi DPRD Kabupaten Pati itu kepada Mitrapost.com usai agenda Public Hearing Raperda tentang penyandang disabilitas, Jumat (12/3/2021).

Pasalnya, instansi perusahaan kerap enggan menyerap tenaga dari golongan disabilitas lantaran dianggap berbeda dengan masyarakat umum.

Baca juga: Ikut Vaksinasi Dosis Kedua, Dewan Akui Lebih Rileks

Apabila pemerintah ikut andil melalui perda, Muntamah optimis perusahaan tidak akan kesulitan menempatkan kaum disabilitas sesuai kriteria pekerjaan.

Lewat perda ini Muntamah juga berharap perusahaan terkait menyiapkan fasilitas pendukung seperti jalur landai untuk pengguna kursi roda hingga screen reader untuk penyandang tunanetra.

Pelatihan kerja bagi golongan disabilitas juga dianggapnya penting untuk meningkatkan SDM (sumber daya manusia) dan memberikan kepercayaan diri pada penyandang disabilitas.

Baca juga: Buat Raperda Disabilitas, Dewan Pati Perjuangkan Hak Disabilitas

Intinya poin-poin di atas dapat terwujud hanya jika pemerintah mengakomodir dengan jalan interaksi pihak perusahaan dan disabilitas.

Hingga saat ini, Raperda Penyandang Disabilitas masih bergulir di Komisi D DPRD Kabupaten Pati. Setelah diadakan Public Hearing untuk menyaring masukan dari berbagai golongan masyarakat pada Jumat (13/3) kemarin, kini Raperda tersebut digodog kembali oleh Komisi D.

Muntamah menargetkan Raperda ini bisa diperdakan paling cepat tiga bulan ke depan setelah melalui verifikasi Bapemperda dan tim Pansus (panitia khusus Raperda).

“Paling cepat kami berusaha secepatnya kira-kira tiga empat bulan,” harap Anggota Fraksi Partai PKB itu.(Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait