oleh

Hasil Panen Jeruk Pamelo Meningkat Dibandingkan Tahun 2020

Pati, Mitrapost.com – Hasil Panen jeruk pamelo petani Kecamatan Gembong di triwulan pertama tahun ini meningkat jika dibandingkan tahun 2020 di triwulan yang sama. Curah hujan tinggi diawal tahun malah membuat pertumbuhan buah jeruk makin optimal.

Hal ini diungkapkan oleh Basri, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Gembong Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati. Ia mengatakan per buahnya jeruk bisa mencapai bobot 1,5 Kg sedangkan setiap satu pohon bisa menghasilkan 100 Kg hingga 150 kg jeruk per tahun.

“Untuk MT (musim tanam) sekarang triwulan pertama Januari sampai Maret panennya bagus. Pas Februari malah panen raya dan sekarang masih ada,” kata Basri kepada Mitrapost.com, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Dispertan Serap 16 Ribu Ton Gabah, Masih Timpang dengan Jumlah Hasil Panen

“Beratnya antara 1,5 kg-an per buah. Satu pohon per tahun kalau diestimasi bisa 100- 150 kg, kalau air cukup, sebab kalau kemarau biasanya di bawah angka itu,” imbuhnya.

Tak hanya produksi panennya dan kualitas buahnya yang meningkat, harga jeruk khas kota Pati ini juga saat ini melambung tinggi. Perkilogramnya bisa dihargai Rp20 ribu dari tangan pengepul, sedangkan di pasar bisa dihargai hingga Rp22 ribu perkilo.

Basri mengatakan jeruk pamelo Kecamatan Gembong biasanya dijual di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Ia mengaku meski program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro diterapkan, tidak mempengaruhi jalur distribusi pedagang.

Bukannya tak ada kendala, Basri mengaku saat musim hujan pohon jeruk banyak yang diserang ulat. Pada triwulan kedua, para petani telah bersiap-siap memasuki musim kemarau karena produksi jeruk akan mengalami sedikit penurunan.

“Kalau Kendala di sini itu tidak begitu berarti. Paling lalat buah dan hama blendok,” pungkas Basri. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Komentar

Berita Terkait