oleh

Dinkominfo Petakan Data Pemerintah Dukung Program SDI

Blora, Mitrapost.com Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora tengah beupaya melakukan pemetaan data pemerintah untuk mewujudkan portal satu data.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinkominfo Blora, Sugiyono, dalam rapat koordinasi bersama pejabat pembantu dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora di Ruang Pertemuan Lantai 2 Dinkominfo, Jalan Pemuda No 46 Blora, Rabu (7/4/2021).

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora melaksanakan rapat koordinasi pemetaan data dukung portal Satu Data Indonesia (SDI). Rakor dilaksankan bersama dengan pejabat pembantu dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora di Ruang Pertemuan Lantai 2 Dinkominfo, Jalan Pemuda No 46 Blora, Rabu (7/4/2021).

Sugiyono menjelaskan program Satu Data Indonesia (SDI) merupakan inisiatif pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah.

Baca juga: Penerapan E-Budgeting Solusi Buka Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah

Adanya SDI dapat memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data.

Selain itu juga mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagikan antar instansi pusat dan daerah.

“Mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data. Kemudian, mendukung Sistem Statistik Nasional (SSN) sesuai peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Hadir pada rakor itu adalah BAPPEDA, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial P3A, DPUPR, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Badan Pusat Statistik dengan melakukan sub kegiatan penatalaksanaan dan pengawasan e-Government dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Blora. (*)

Baca juga: Perbaikan Data Penerima Bantuan di Rembang, 10 Ribu Sudah Valid

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait