Bolehkah Keramas saat Sedang Puasa?

Baca juga: Sunah Rasul Saat Buka Puasa Beserta Doanya

Sementara melansir laman Nu Online, menurut Sayyid Al-Bakri dalam kitab I’ânatut Thâlibîn dijelaskan bahwa mandi dan keramas bisa membuat puasa batal jika ada air masuk ke lubang tujuh, meskipun dengan cara tidak disengaja.

 يفطر مطلقا – بالغ أو لا – وهذا فيما إذا سبق الماء إلى جوفه في غير مطلوب …. وكانغماس في الماء – لكراهته للصائم – وكغسل تبرد أو تنظف.

Artinya: “…membatalkan puasa secara mutlak—baik dengan menghentakkan secara keras atau tidak. Demikian berlaku jika ada air masuk secara tak sengaja ke tubuh saat mandi yang tidak dianjurkan oleh syara’ (bukan mandi wajib/sunnah)… Seperti aktivitas menyelam karena dimakruhkan bagi orang yang berpuasa, juga sebagaimana orang yang mandi supaya segar dan bersih. (As-Sayyid al-Bakri, I’ânatut Thâlibîn, Beirut, Dârul Fikr, 1993, juz 2, halaman 265)

Baca Juga :   Kampung Ramadan Sumohadiwijayan di Kajen Jadi Tempat Andalan Ngabuburit

Baca juga: Hal-Hal yang Memakruhkan Puasa

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hukum mandi dan keramas itu adalah mubah atau boleh. Melansir laman Dalam Islam disebutkan beberapa ketentuaan saat berkeramas dalam keadaan puasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati