oleh

Manfaat Memiliki Binatang Peliharaan, Tingkatkan Imunitas Tubuh

Mitrapost.com – Kucing ataupun anjing menjadi pilihan banyak orang sebagai hewan peliharaan. Memiliki hewan peliharaan berdampak positif bagi kesehatan tubuh.

Banyak sekali pilihan hewan yang dijadikan peliharaan. Acap kali hewan peliharaan itu dijadikan penghilang stres akibat penatnya rutinitas sehari-hari.

BPKAD Pati

Berikut ini manfaat memiliki hewan peliharaan.

  1. Memiliki mood booster

Hewan peliharaan menjadi mood booster terbaik. Hanya dengan melihat ikan berenang-renang, atau melihat kucing bermain-main di halaman rumah, mood kita yang awalnya buruk bisa lekas membaik.

Ketika berdekatan dengan binatang kesayangan dan kita bahagia, maka kortisol atau hormon stres akan menurun dengan cepat. Sebaliknya, serotonin, hormon kebahagiaan, akan meningkat dengan pesat.

Baca juga: Selain Cegah Dehidrasi, Inilah Manfaat Air Kelapa

  1. Melancarkan aliran darah

Dalam penelitian yang dilakukan kepada beberapa pasangan yang sudah menikah, pecinta binatang memiliki tekanan darah dan detak jantung yang stabil (rendah) dibanding pasangan yang tak memiliki peliharaan.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi yang diberi kesempatan membelai binatang peliharaannya, akan langsung menurunkan tekanan darahnya secara signifikan.

  1. Kolesterol rendah

Orang yang memiliki hewan peliharaan juga biasanya mempunyai angka kolosterol cukup rendah, meski belum ada penelitian sains yang menerangkan hal ini. Kaitan yang paling bisa disimpulkan adalah adanya aktivitas fisik bermain dengan anjing atau kucing yang ditengarai bisa meredakan kolesterol.

Baca juga: Lalapan Daun Kenikir dan Manfaatnya Mencegah Hipertensi

  1. Jantung lebih sehat

Dalam penelitian yang dilakukan dalam rentang 20 tahun disimpulkan bahwa wanita yang tak pernah memelihara anjing atau kucing memiliki peluang 40% lebih banyak terkena serangan jantung daripada wanita yang memiliki binatang peliharaan.

  1. Meredakan depresi

Mereka adalah makhluk yang akan terus ada, bagaimanapun kondisi yang tengah kita alami. Dengan menyadari hal ini, dengan berlari fokus melewati masa sulit bersama binatang kesayangan, maka depresi akan lebih mudah dihadapi.

Baca juga: Segarnya Minuman Bersoda dan Manfaat di Dalamnya

  1. Meningkatkan imun

Menurut survei, anak yang tumbuh di lingkungan rumah yang memelihara kucing atau anjing, biasanya jarang memiliki alergi atau memiliki sistem imun yang rendah. Begitu juga anak yang hidup di lingkungan pertenakan besar, biasanya akan tumbuh lebih sehat dan kuat dibanding anak-anak perkotaan yang tak memelihara binatang.

  1. Lebih sehat dan bugar

Memiliki hewan peliharaan terutama anjing, bisa membuat Anda lebih bugar dan sehat meski tanpa olahraga. Aktivitas mengajak anjing bermain atau jalan-jalan di taman, sama saja mengajak tubuh Anda sendiri beraktivitas fisik mengurai lemak dan timbunan kolesterol.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait