Niat dan Keutamaan Puasa Syawal

Mitrapost.com – Setelah melewati Bulan Ramadan, kini bulan Syawal tiba. Tak kalah mulianya dengan bulan Ramadan, sejumlah ibadah juga dapat dilakukan di bulan Syawal.

Setelah merayakan hari kemenangan pada 1 Syawal, umat muslim juga dianjurkan menjalankan ibadah puasa sunnah Syawal selama enam hari.

Puasa Syawal dapat dikerjakan kapan saja selama bulan Syawal kecuali pada tanggal 1 Syawal sebagai hari raya Idulfitri. Dalam pengerjaannya, puasa sunnah Syawal dapat dilakukan secara berturut-turut ataupun tidak.

Berbeda dengan puasa Ramadan, niat puasa Syawal tidak harus diucapkan pada malam hari atau saat sahur. Menurut laman NU, niat puasa Syawal dapat dilakukan dipagi ataupun siang hari sekalipun orang tersebut tak berniat puasa Syawal di malam harinya.

Baca Juga :   Tiga Waktu Dikabulkannya Doa Saat Ramadan

Baca juga: Info Grafis : Tips puasa di tengah pandemi

Dengan syarat, hingga pagi atau siang itu ia tak makan atau minum dan melakukan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa.

Selain itu, niat tersebut juga cukup diucapkan dalam hati, tak perlu dilafalkan dengan lisan sudah dianggap sah.

Berikut ini niat puasa Syawal

Diucapkan malam hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati