oleh

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Soda

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com– Soda merupakan jenis minuman yang telah melalui proses karbonasi dengan tekanan tinggi.

Minuman jenis ini, biasanya mengandung air berkarbonasi dan juga pemanis buatan. Serta mengandung pewarna, pengawet, kafein, zodium, dan juga zat lainnya.

BPKAD Pati

Namun sayangnya, minuman yang digemari banyak orang ini, tidak aman jika dikonsumsi setiap hari. Karena terdapat banyak kandungan berbahaya di dalamnya.

Baca Juga: Nol Nutrisi, Berikut Ini Alasan Perlu Menghindari Soda

Terlalu banyak minum soda, dapat menyebabkan obesitas. Hal ini dikarenakan, soda mengandung banyak gula. Sehingga akan membuat lemak di perut menjadi lebih banyak.

Selain itu, Kandungan asam folat yang terdapat dalam soda juga dapat menguras kalsium dalam tubuh. Sehingga dapat menyebabkan lemahnya tulang, hipertensi, hingga osteoporosis.

Baca Juga :   Jaga Kesehatan Mata, Terapkan Cara Berikut

Efek samping lainnya karena terlalu sering minum soda adalah menyebabkan kerusakan pada gigi, diantaranya dapat menyebabkan gigi berlubang. Hal ini dikarenakan tingginya kadar gula dan sirup fruktosa dalam soda.

Kandungan dalam soda, juga dapat mengikis enemel pada gigi, karena memiliki sifat asam yang tinggi. Mengonsumsi soda terlalu sering juga dapat menyebabkan serangan terus- menerus pada gigi.

Baca Juga: Soda Bisa Percepat Menstruasi, Mitos atau Fakta?

Minum soda juga dapat mengakibatkan gangguan kadar gula darah, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, hingga serangan jantung.

Bahkan, bahan kimia yang terkandung dalam soda, juga dapat menyebabkan kanker. Karena bercampurnya bahan- bahan berbahaya, yang dapat menyebabkan reaksi kimia dan membentuk benzena, yang merupakan penyebab kanker.

Baca Juga :   Sering Merasa Kembung di Pagi Hari? Ketahui 4 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Oleh karena itu, untuk menghindari efek samping dari soda, sebaiknya menghindari minuman jenis ini, atau dengan tidak dikonsumsi terlalu sering.

Artikel ini telah tayang di halodoc dengan judul “Bahaya, Ini Akibatnya Jika Minum Soda Setiap Hari”

Baca Juga:

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait