Masyarakat Diimbau Tak Cemas Potensi Penularan Covid Pada Hewan Ternak

Pati, Mitrapost.com – Sempat beredar wacana, sebelum menular ke manusia awalnya ditularkan melalui hewan perantara yang tak dikenal.

Jelang hari raya Iduladha Kepala UPTD Puskeswan Dinas Pertanian Pati, Nurcahyo mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu cemas berlebihan dengan potensi penularan Covid-19 pada hewan ternak. Karena potensinya sangat kecil dan belum ada kasus spesifik yang pernah terjadi.

“Kalau sapi, kambing, ayam ya terlalu jauh. Beda dengan flu burung,” ungkap Nurcahyo saat ditemui di kantornya, Sabtu (17/7/2021).

Begitupun untuk hewan peliharaan bertaring seperti kucing dan anjing. Ia menjelaskan pada prinsipnya   virus Covid-19 bisa menempel di hewan peliharaan namun tidak berkembang. Bisa menularkan ke manusia, namun sang hewan tidak menerima indikasi seperti manusia.

Baca Juga :   Rashdul Kiblat, Hari Ini dan Besok Bisa Cek Arah Kiblat

“Kalau hewan pasti bisa. terutama yang bertarung seperti kucing dan anjing. Tapi kenanya hanya sebagai perantara tidak sampai berkembang. Syarat berkembang virus kan reseptornya harus cocok. Nggak kayak avian influenza pada ayam atau rabies pada anjing,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati