Pemkab Kudus Akan Tindak Tegas Para Mafia Tanah

“Pada peringatan hari Agraria dan Tata Ruang tahun 2021 kita mengusung tema ‘Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertahanan Yang Profesional’ dengan maksud melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) dan turunanya. Demi menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia dengan cara memberikan kemudahan berusaha bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta mendorong investasi,” pesannya.

Pihaknya mengatakan, UUCK berguna untuk memperbaiki persoalan perizinan kegiatan berusaha yang telah memberikan ruang yang luas dan peran penting bagi tata ruang sebagai ujung tombak dalam memberikan izin usaha.

Dukungan terkait kemudahan perizinan diberikan melalui penyederhanaan persyaratan yang hanya ada 3 persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka kegiatan berusaha yaitu kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR), Persetujuan lingkungan dan detail tata ruang (RDTR), serta kaitan dengan tata ruang yang oleh Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inivasi dan terobosan Geographyc Information System tata ruang (Gistaru).