Hati-hati Modus Baru Penyebaran Malware melalui Android

“Penipu terus-menerus berpura-pura menjadi pemerintah, atau bank Anda atau perusahaan telekomunikasi yang Anda gunakan. Jangan pernah mengklik tautan yang datang kepada Anda secara tiba-tiba, tidak peduli siapa yang mereka katakan atau apa tujuannya,” jelas Rickard.

Sementara itu dilansir threatpost.com, beda halnya dengan Android, iPhone diketahui bebas dari ancaman Flubot. Meskipun dapat menerima teks, iPhone disebut CERT NZ tidak dapat terinfeksi virus tersebut.

“Trojan perbankan Flubot mengejar informasi perbankan dan kartu kredit serta daftar kontak yang diperbarui ke server dan digunakan untuk terus menyebar sendiri. Setelah perangkat terinfeksi dengan aplikasi berbahaya ini, itu dapat mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan,” menurut CERT NZ.

Baca Juga :   Lapas Kelas I Tangerang Kebakaran, 41 Napi Tewas

“Aplikasi berbahaya secara otomatis mengirim pesan teks dari perangkat yang terinfeksi ke kontak yang diterimanya dari perangkat lain yang terinfeksi. Begitu pesan dikirim, telepon memblokir nomor tersebut sehingga penerima tidak dapat merespons untuk menghindari kecurigaan,” tambahnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati