oleh

Mahasiswa UNS Tuntut Pembubaran Menwa di Kampus

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Solo, Mitrapost.com – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) menuntut Resimen Mahasiswa (Menwa) di kampus mereka dibubarkan. Tuntutan tersebut menyusul meninggalnya Gilang Endi Saputra saat mengikuti Diksar Menwa beberapa waktu lalu.

Keberadaan Menwa dinilai sudah tidak relevan dengan iklim akademik kampus yang seharusnya lebih mengedepankan pemikiran daripada fisik.

Tuntutan pembubaran Menwa UNS disuarakan saat ratusan mahasiswa menggelar aksi 100 Lilin Solidaritas untuk Gilang, Selasa (26/10/2021) malam. Aksi yang digelar di boulevard UNS itu diikuti mahasiswa dari semua fakultas dan sekolah vokasi UNS.

Sikap tersebut muncul merespon keterangan Polda Jawa Tengah yang menyimpulkan Gilang meninggal karena pukulan di bagian kepala. Kesimpulan tersebut didasari atas hasil otopsi atas jenazah Gilang.

Baca Juga :   Kalahkan Jabar dan Jatim, Jateng Ranking Satu Provinsi Terinovatif 2020

Sejak kasus Gilang menjadi sorotan, pihak Menwa justru menghindar dari perhatian publik.

Salah satu mahasiswa Fakultas Hukum, Zakky Musthofa menyayangkan pihak Menwa yang sama sekali tidak bersuara setelah kegiatannya menelan korban jiwa tersebut.

“Kami lihat tidak ada iktikad baik dari Menwa,” tegasnya.

“Jangankan muncul di publik, ucapan belasungkawa atau permohonan maaf juga tidak ada,” imbuh Zakky.

Zakky yang juga menjabat Presiden BEM UNS menuntut pembubaran Menwa UNS jika terbukti ada tindak pidana dalam kasus meninggalnya Gilang.

“Urgensi akademiknya agak kurang,” ujarnya.

“Kami atas nama Mahasiswa UNS melalui surat ini mendesak UNS untuk segera membubarkan Korps Mahasiswa Siaga Batalyon 905 Jagal Abilawa karena tidak memiliki urgensi pada kegiatan akademis,” demikian tertulis dalam pernyataan sikap aksi tersebut.

Baca Juga :   5 Tips Dapatkan Penghasilan Tambahan Bagi Mahasiswa

Mereka juga menuntut pertanggungjawaban dari UNS dan Korps Mahasiswa Siaga Batalyon 905 Jagal Abilawa (nama resmi Menwa UNS) atas meninggalnya Gilang. Selain itu, mereka juga mendesak Polresa Surakarta agar melakukan penegakan hukum. (*)

 

 

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul “Mahasiswa UNS Tuntut Menwa Dibubarkan Buntut Diklatsar Maut”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar