Dampak Fenomena La Nina Terhadap Komoditas Perkebunan

Pati, Mitrapost.com – Fenomena La Nina memicu curah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah pula Jawa, tak terkecuali Kabupaten Pati. Tingginya curah hujan mendampak pada sejumlah komoditas pertanian termasuk perkebunan.

Gunawan, Kabid Perkebunan pada kantor Dinas Pertanian Kabupaten Pati mengatakan, sering turunnya hujan, bisa memacu bencana alam di area pegunungan dan membuat proses tanam serta hasil panen tidak optimal.

“Beberapa komoditas tanaman yang ditanam di pegunungan seperti kopi, cengkeh terpengaruh La Nina khawatirnya kita intensitas hujan tinggi itu bisa menyebabkan erosi, Longsor, tanaman kita juga terpengaruh mutunya, hasil juga akan turun,” terang Gunawan kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Jumat (24/12/21).

Baca Juga :   Sasar 228 Ribu Warga, Vaksinasi di Pati Capai 42 Persen

Intensitas hujan yang berlebih juga bisa membuat tanaman rusak, seperti merontokkan bunga dan menumbangkan batang.

Kondisi ini jamak terjadi di daerah – daerah penghasil kopi. Seperti di Kecamatan Gembong, Tlogowungu, Cluwak, dan Gunungwungkal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati