Pasien dengan HIV AIDS di Kota Pekalongan Masih Tinggi

Pekalongan, Mitrapost.com – Pasien Orang dengan HIV AIDS (ODHA) di kota Pekalongan masih tergolong tinggi.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan hingga tahun 2021, penderita HIV/AIDS di Kota Pekalongan mencapai 620 orang.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Dr Slamet Budiyanto, SKM, MKes dalam kegiatan Peresmian Gedung Baru Puskesmas Jenggot dan Launching layanan Care Support Treatment (CST) bagi Pasien Orang dengan HIV AIDS (ODHA) yang ada di Puskesmas tersebut, Jumat (14/1/2022).

Budi menyebutkan, dari jumlah pasien tersebut, 190 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia. Saat ini, dari total pasien yang ada, beberapa diantaranya tengah melakukan pengobatan sebanyak 150 orang.

“Sehingga kondisi ini cukup memprihatinkan dan masih banyak ODHA yang belum mendapatkan pengobatan sebagaimana semestinya,” kata Budi.

Baca Juga :   Tingkatkan Produktivitas, Poktan di Temanggung Ciptakan Alat Tanam Padi Murah dan Efisien

Budi menerangkan, pelayanan dukungan kepada ODHA dapat memperpanjang usia dan menjadikan penderita tersebut tetap sehat dan produktif. Sampai saat ini, terdapat 12 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Kota Pekalongan yang mampu memberikan pelayanan bagi ODHA, terdiri dari 10 puskesmas dan 2 RSUD (RSUD Bendan dan RS Budi Rahayu).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati