Selain Suriname, Berikut Negara-negara yang Penduduknya Pakai Bahasa Jawa

Etnis Jawa di negara tersebut ini berdasarkan sensus tahun 2004 adalah 14,6 persen. Sehingga tidak heran, jika sebagian besar penduduk Suriname menggunakan bahasa Jawa dalam kesehariannya.

Orang Jawa di Suriname sudah ada sejak akhir abad ke-19. Mereka berasal dari pekerja Hindia Belanda yang dikirim oleh kolonial Belanda dengan tujuan untuk menambah kekurangan tenaga perkebunan milik Belanda yang ada di Suriname.

2. Singapura

Singapura merupakan sebuah negara kecil di Asia Tenggara dan saat ini merupakan satu-satunya negara maju di kawasan Asia Tenggara.

Pada awalnya, Singapura merupakan bagian dari kerajaan Malaysia, namun akhirnya memisahkan diri pada 9 Agustus 1965.

Kedatangan orang Jawa di Singapura diperkirakan bersamaan dengan kedatangan orang Jawa ke Malaysia.

Baca Juga :   Weton Wanita yang Dikagumi Banyak Pria Menurut Primbon Jawa

Orang Jawa di Singapura memiliki tempat pemukiman sendiri yakni kampung Jawa yang berada di tepi sungai Rochor dan Kaillang Airport Estate.

3. Malaysia

Malaysia merupakan nama negara di Asia Tenggara dengan ibu kota Kuala Lumpur. Bahasa Melayu sebagai bahasa resmi negara dan pemerintahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati