Suspect PMK, Lockdown Wilayah Dilakukan di Surabaya

Sedangkan untuk kedatangan hewan yang berasal dari luar kota Surabaya, harus dilengkapi dengan surat resmi dari Veteriner daerah asal.

Hal ini juga berlaku bagi para pedagang hewan qurban, menjelang hari raya Iduladha.

“Harus ada surat keterangan sehat dari daerah asal, nanti ada tim kami juga yang melakukan pemeriksaan hewan ternak dan mengeluarkan surat keterangan sehat. Jadi, kami imbau kepada masyarakat ketika nanti membeli hewan ternak untuk qurban dan lain sebagainya, harus teliti dan meminta surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh instansi berwenang menangani PMK, ke penjualnya,” tegasnya.

Meski wabah PMK mulai merebak di sejumlah daerah, namun masyarakat diminta untuk tidak terlalu khawatir. Hal tersebut lantaran, virus ini tidak menular ke manusia.

Baca Juga :   Pandemi Covid-19 di Surabaya Melandai, Pemkot Optimis Perekonomian Membaik

Ia juga menuturkan bahwa daging dan produk lainnya aman dikonsumsi, jika diolah dengan cara yang benar.

“Virus PMK ini bukan zoonosis, artinya tidak menular atau menginfeksi manusia. Jadi, sebelum mengonsumsi daging dan susu hewan ternak sebaiknya diolah melalui proses memasak, agar aman dan sehat. Kami menyarankan, agar membeli daging di pasar yang mengambil dari rumah potong hewan (RPH) karena kami telah melakukan pengawasan secara ketat, supaya aman ketika dikonsumsi oleh masyarakat,” imbuhnya.