oleh

106 Ribu Sasaran Vaksinasi Booster Diprioritaskan Bagi Lansia

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Surabaya, Mitrapost.com – Sebanyak 106 ribu sasaran vaksinasi booster (dosis ketiga) di kota Surabaya, diprioritaskan bagi warga lanjut usia (lansia).

Ratusan ribu vaksin tersebut merupakan alokasi dari pemerintah provinsi (pemprov) Jawa Timur, setelah kota Surabaya sempat kehabisan stok vaksin booster.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan, pada pelaksanaan vaksinasi booster di Kota Surabaya, telah disesuaikan dengan Surat Edaran dan Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementerian Kesehatan RI.

“Bahwa vaksin booster di Surabaya, kita prioritaskan untuk lansia yang berusia lebih dari 60 tahun. Kemudian interval dari vaksin dosis dua adalah selama enam bulan,” kata Nanik, (19/1/2021).

Nanik mengaku bahwa untuk dropping vaksin dari Pemprov Jatim, yakni 106.000 sasaran pada Senin (17/1/2022) itu adalah vaksin jenis Moderna. Namun pada pelaksanaannya nanti, vaksin ini hanya bisa digunakan bagi lansia yang telah menerima dosis satu dan dua dari jenis vaksin AstraZeneca.

Baca Juga :   Vaksinasi Booster Covid-19 Paling Lambat Diberikan Awal Februari

“Tidak setiap vaksin bisa digunakan untuk vaksin booster. Bagi mereka yang mendapat vaksin Sinovac dosis satu dan dua, maka harus menunggu vaksin booster dan hanya bisa menerima dari jenis vaksin AstraZeneca atau vaksin Pfizer,” ungkap dia.

Sedangkan untuk capaian vaksinasi booster di Kota Surabaya, ia mengatakan bahwa terhitung per Senin (17/1/2022) telah mencapai 20.796 lansia. “Sampai hari ini terus bergerak,” kata dia.

Kemudian untuk stok vaksin jenis Sinovac, akan digunakan untuk mengejar capaian vaksin anak usia 6 -11 tahun. Sebab, pihaknya mengejar capaian vaksin dosis satu akan selesai pada Kamis (20/1/2022) besok.

“Maka vaksin Sinovac kita prioritaskan untuk vaksin anak. Harapannya tanggal 20 Januari bisa mencapai target itu dan hari ini masih terus berkembang lagi, karena teman-teman puskesmas terus bergerak,” ujar dia.

Baca Juga :   Pemkot Surabaya Buka Posko Peduli Bencana Erupsi Semeru

Untuk capaian vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun, terhitung per Senin (17/1/2022) telah mencapai 217.454 sasaran atau sekitar 80,24 persen. Kemudian untuk dosis dua sudah mencapai 45.709 atau sekitar 16,7 persen.

“Harapannya bulan Februari 2022 bisa selesai,” pungkasnya. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar